Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:26 WIB

Orang Ini Klaim Bisa Atasi Ransomware WannaCry

Oleh : ATR | Minggu, 21 Mei 2017 | 09:09 WIB
Orang Ini Klaim Bisa Atasi Ransomware WannaCry
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, California - Ransomware WannaCry saat ini memang tengah melanda dunia. Namun ada seorang pakar yang mengklaim mampu atasinya.

Mashable melansir, seorang pakar keamanan internet yang bernama Adrien Guinet mengatakan bahwa ia tahu men-decrypt ransomware WannaCry.

Guinet mengatakan bahwa ia mampu mende-decypt sebuah komputer Windows XP yang terkena ransomware, dan menemukan angka-angka utama yang menjadi kunci rahasia dari WannaCry.

Kunci rahasia/privat di WannaCry adalah yang korban harus bayar ke pihak peretas, untuk bisa mengakses kembali file-file mereka.

Tapi patut dicatat bahwa teknik dari Guinet berhasil, namun hanya efektif jika diaplikasikan pada komputer dengan OS Windows XP.

Namun ransomware WannaCry tercatat juga menyerang PC Windows XP. Jadi pengaplikasiannya mungkin pula dapat diterapkan ke yang lain.

"Harap catat, untuk melakukan hal ini, PC anda jangan langsung di-reboot sehabis terinfeksi. Jika anda beruntung, mungkin angka-angka rahasia tersebut masih ada di memori PC," tulis Guinet.

Guinet menambahkan, jika anda dapat memulihkan angka-angka tersebut, maka anda juga dapat men-decrypt file-file anda.

Lalu Guinet juga baru merilis software untuk men-decrypt sistem yang terinfeksi, untuk publik dengan nama 'Wannakey'.

 
Embed Widget

x