Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Juni 2017 | 23:33 WIB

Lima Inovasi Penting dalam Event Google I/O 2017

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 19 Mei 2017 | 08:30 WIB
Lima Inovasi Penting dalam Event Google I/O 2017
(techspot.com)
facebook twitter

GOOGLE kembali menggelar perhelatan terbesar tahunan mereka yang bertajuk Google I/O 2017. Acara ini digelar mulai 17 Mei hingga 19 Mei 2017 di markas mereka, yakni di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Dalam acara ini, Google memperkenalkan teknologi terbaru mereka kepada khalayak dunia. Mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak terbaru dihadirkan oleh tim Google.

Namun, dari kesekian banyak teknologi yang diperkenalkan, ada lima inovasi teknologi yang menurut INILAHCOM menarik untuk dibahas. Apa saja?

1. Android O Beta

Salah satu yang menjadi sorotan pastinya adalah generasi terbaru sistem operasi Android.

Dalam sistem operasi terbaru mereka ini, Google menjanjikan semua fitur teranyarnya menghadirkan pengalaman mulus diantaranya waktu boot yang lebih cepat, pilihan kontekstual yang mempermudah navigasi dan mode gambar-dalam-gambar yang mengagumkan.

2. Google Lens

Kamera smartphone Anda nantinya bukan sekadar kamera saja. Dengan Google Lens disuntikkan ke dalam smartphone yang dimulai akhir tahun ini, Anda akan dapat mengambil gambar yang lebih tak terlupakan berkat kemampuan belajar mesin.

Seperti halnya Bixby milik Samsung, Google Lens bisa mengambil gambar dan data secara otomatis.

Terlebih lagi, foto Anda akan dikemas dengan data yang bisa diurai melalui Lens. Barang seperti alamat restoran yang ditampilkan di latar belakang akan mudah diakses berkat teknologi perangkat lunak smart camera Google yang baru.

3. Daydream makin dalam

Hingga saat ini, membandingkan Google Daydream VR dengan Samsung Gear VR sudah cukup adil. Tapi hari ini, mereka berdiri di dua lapangan bermain yang berbeda.

Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan headset Daydream yang bekerja sama dengan Qualcomm yang tidak memerlukan telepon untuk digunakan. Sebagai gantinya, semua daya akan terisi di dalam headset, termasuk semua sensor yang bisa melacak gerakan Anda.

Sebagai langkah mengejutkan, HTC mengumumkan bahwa mereka memiliki headset all-in-one Vive yang akan mendukung Daydream. Lenovo memiliki headset yang masuk juga, dan Google menyatakan bahwa produsen lain juga akan bekerja sama.

Diumumkan bahwa ponsel andalan LG berikutnya (mungkin LG V30) dan duo smartphone terpanas tahun 2017, Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8 Plus, akan segera kompatibel dengan Daydream.

4. Asisten yang lebih cerdas

Asisten Google mencuri perhatian pada presentasi tahun lalu dan baru tahun ini juga.

Sekarang dapat melakukan sesuatu, didukung oleh Google Lens, seperti menerjemahkan teks dalam bahasa lain dengan cepat. Anda sebelumnya dapat melakukan ini dengan Google Translate dan aplikasi pihak ketiga lainnya, namun akan segera menjadi manfaat aplikasi gratis.

Selanjutnya, Google akan segera memungkinkan Anda menulis teks ke Asisten untuk saat-saat ketika meneriakinya bukan pilihan. Ini juga lebih cerdas media dan kaya dengan kemampuan di Google Home, menyelaraskannya lebih dengan Amazon Echo dan bahkan melampaui beberapa kasus.

Google juga mengumumkan bahwa Asisten digital ini juga akan datang ke iOS.

5. Android Go

Google mengumumkan bahwa mereka membawa versi Android ringan. Ini disebut Android Go dan ini akan memungkinkan smartphone dengan RAM sesedikit 512MB sampai 1GB untuk menggunakan perangkat lunak Android terbaru dan terbaik.

Mirip dengan inisiatif Google Android One, yang membawa stok Android ke negara berkembang di mana pilihan kualitas langka, Android Go akan menghadirkan pendekatan serupa pada ponsel dalam skala global.

 
x