Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 07:17 WIB

Kontes Ilustrator Asia Berhadiah Trip ke Jepang

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 17 Mei 2017 | 15:30 WIB
Kontes Ilustrator Asia Berhadiah Trip ke Jepang
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu perusahaan konten animasi terbesar asal Jepang, Wedge Holding resmi menggelar kompetisi ilustrasi terbesar di Asia yang digelar di Mongolia, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Kompetisi ilustrator yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia ini mengambil tema The Gate to The World for Asian Talent , yang memberikan tantangan untuk tiap kreator.

"Kompetisi ini hadir pertama kali juga untuk mereka yang berkreasi dalam bidang animasi, komikus, film maker dan fotografer, karena kompetisi ini mengdepankan konten ilustrasi," kata Tatsuya Konoshita, CEO Wedge Holding, kepada INILAHCOM, di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Untuk proses penilaian nantinya akan dilakukan dalam dua metode, yakni berdasarkan voting dan juga penilaian juri. Adapun juri yang akan menilai karya yang masuk berasal dari Jepang, Indonesia, Vietnam, Mongolia, dan Thailand.

Disebutkan kriteria penliaiannya berbentuk visual, mulai dari sisi komposisi anatomi, sisi teknis akan dilihat kualitasnya.

Untuk hadiahnya nanti dua pemenang dari masing-masing negara akan diberangkatkan ke Jepang untuk dipromosikan karyanya dan akan mendapatkan kontrak ekslusif jika mampu dan sesuai dengan kriteria yang di harapkan.

"Selama berada di Jepang, mereka juga dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan Manga-ka (komikus manga) kreator Jepang dan melakukan kunjungan ke penerbit manga," jelas Konoshita.

Chris Lie, dewan juri asal Indonesia, mengapresiasi kontes dari ilustrator ini. Ia berharap event ini bisa memetakan potensi masyarakat Indonesia di bidang animasi.

"Semoga dengan banyaknya wadah yang tersedia, para ilustrator Indonesia menjadi lebih termotivasi dalam berkarya dan siap bersaing baik di dalam maupun di luar negeri." ujar Chris yang juga merupakan ilustrator dan founder dari Re-On Comic.

Sebagai informasi, pendaftaran telah dibuka sejak 13 Mei 2017. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 31 Juli mendatang, dan karya pemenang akan dipamerkan pada 2018 mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, dapat dilihat langsung di tautan berikut ini.

 
Embed Widget

x