Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 12:57 WIB

'Eropa Terhindar dari Dampak Lanjutan WannaCry'

Oleh : - | Selasa, 16 Mei 2017 | 19:15 WIB
'Eropa Terhindar dari Dampak Lanjutan WannaCry'
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Den Haag - Pemerintah dan perusahaan-perusahaan Eropa pada Senin (15/5/2017) pagi tampaknya berhasil menghindari dampak lanjutan serangan siber global baru, demikian menurut badan penegak hukum Uni Eropa atau Europol.

"Jumlah korban tampaknya tidak bertambah dan sejauh ini situasinya tampak stabil di Eropa, yang berarti sebuah kesuksesan," kata Jan Op Gen Oorth, juru bicara senior Europol, kepada AFP.

"Sepertinya banyak orang-orang keamanan internet terus bekerja pada akhir pekan dan melakukan pembaruan perangkat lunak keamanan," imbuhnya.

Sebelumnya Europol menyebut bahwa lebih dari 200.000 komputer di seluruh dunia terdampak 'serangan yang tidak pernah terjadi sebelumnya' pada akhir pekan lalu.

Serangan membabi buta itu dimulai Jumat (12/5/2017) dan menyerang bank, rumah sakit dan badan pemerintah, mengeksploitasi kelemahan yang diketahui dalam sistem operasi komputer Microsot yang lebih lama.

Direktur eksekutif Europol Rob Wainwright pada Minggu (14/5/2017) memperingatkan situasinya bisa memburuk ketika para karyawan kembali bekerja pada Senin setelah akhir pekan dan log on.

"Kami belum pernah melihat yang seperti ini," kata kepala badan kepolisian Uni Eropa itu kepada stasiun televisi ITV, Minggu.

Pihak Europol mengatakan pada Senin bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang ada di baliks serangan ini. "Tapi kami sedang mengupayakan alat dekripsi".

Komentar

 
x