Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 07:14 WIB

Shell Lubricants Technology Week 2017

Pelumas Berkualitas untuk Hemat Biaya Operasional

Oleh : - | Selasa, 16 Mei 2017 | 04:15 WIB
Pelumas Berkualitas untuk Hemat Biaya Operasional
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Shell Indonesia menyelenggarakan acara Shell Lubricants Technology Week 2017 yang akan berlangsung di Bali pada 16-18 Mei 2017.

Acara ini merupakan acara tahunan utama Shell dan akan dihadiri oleh 350 peserta yang terdiri dari para pimpinan perusahaan terkemuka Indonesia dan juga para manajer terutama dari industri pertambangan, semen, baja, kayu dan kertas serta pembangkit listrik.

Tahun ini, Shell mengambil tema Together Anything Is Possible - Lowering Your Total Cost of Ownership.

Tema tersebut ditujukan untuk membuka wawasan akan pentingnya pemilihan pelumas yang berkualitas dan keuntungan bermitra dengan Shell yang memiliki kemampuan dan kepemimpinan dalam pengetahuan teknis-komersial di lapangan guna memberikan solusi inovatif yang dapat menurunkan Total Cost of Ownership (TCO) atau Total Biaya Kepemilikan perusahaan.

Studi global yang dilakukan Shell menunjukan bahwa kerugian akibat shutdown yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemilihan, pemakaian dan pengelolaan pelumas mencapai US$1 juta.

Dalam siaran persnya kepada INILAHCOM, Director of Lubricants Shell Indonesia Dian Andyasuri mengatakan bahwa acara ini menjadi wadah interaktif dalam memberikan wawasan akan teknologi rancangan mesin terkini di tengah semakin tingginya tuntutan operasional.

Menurut dia, Shell juga berbagi pengalaman mengenai bagaimana mengantisipasi hal tersebut dan memberikan solusi produk dan layanan terbaik untuk pelaku industri.

"TCO merupakan pendekatan yang selalu kami terapkan dalam berkolaborasi dengan mitra bisnis kami dan hanya 10 persen perusahaan yang menyadari betapa besar dampak pemilihan pelumas kepada biaya perawatan. Hal ini salah satunya dikarenakan minimnya pengetahuan serta pelatihan terkait manajemen pelumas yang tepat guna," ujar Dian.

"Oleh karenanya, kami menyelenggarakan forum ini dan mengundang para pelaku industri untuk bersama-sama berbagi wawasan dan pengalaman guna meningkatkan hal tersebut," imbuhnya.

Dia melanjutkan, Shell tak hanya menawarkan produk pelumas tapi juga sebuah solusi yang menyeluruh bagi para pelaku bisnis di industri. Kolaborasi yang diberikan Shell akan membantu pengurangan biaya dan meningkatkan efisiensi.

Sebagai contoh, melalui kolaborasi ini, Shell berharap para mitra bisnisnya dapat memperpanjang masa pakai pelumas, menjadikan suku cadang lebih awet, memberikan sertifikasi pendidikan pelumas dan solusi penyimpanan bulk storage, yang pada akhirnya pelanggan mendapatkan penghematan dan ketenangan.

"Melalui forum ini, kami ingin mengatakan bahwa tak ada yang tak bisa diraih jika kami dan para pelanggan/mitra bisnis kami dapat bekerjasama dengan baik dan erat. Sudah banyak bukti penghematan yang pelanggan kami rasakan sampai saat ini hingga mencapai US$3 juta selama 2 tahun terakhir," ucap Dian.

Sementara itu, EVP Technical Shell Indonesia Bambang Wahyudi menambahkan bahwa Shell Lubricants juga memiliki pabrik pelumas dengan standar manajemen kualitas yang tinggi dan tim teknis yang handal dan siap turun ke lapangan guna menemukan produk yang tepat, menyarankan proses penyimpan dan aplikasi yang tepat.

"Pabrik pelumas kami di Marunda dan tim teknis kami akan siap sedia memberikan produk dan layanan yang cepat, tanggap dan sesuai sasaran. Layanan teknis kami adalah yang terbaik dan ini merupakan salah satu hal yang menjadikan kami pemasok pelumas nomor #1 di dunia," ujar Bambang.

Ia menyebut kerja sama Shell dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) di Indonesia telah menghasilkan penghematan sebesar Rp1,5 miliar per tahun karena masa penggantian pelumas dapat diperpanjang hingga 80 persen berkat penggunaan Shell dan dilengkapi layanan teknis berupa coaching staff.

Selain itu, dalam kerja sama antara antara Shell dan PT Thiess Contractors Indonesia, sebuah kontraktor pertambangan, Shell telah mampu menghasilkan penghematan sebesar US$320 ribu dengan digunakannya pelumas Shell Gadus S3 V460D 2 di PT Thiess selama kurun waktu empat tahun.

Beberapa produk pelumas Shell Lubricants untuk kebutuhan industri di antaranya:

- Semen, Baja, serta Kayu dan Kertas

Pelaku industri semen, baja, serta kayu dan kertas sangat bergantung para peralatan yang bisa mendukung berlangsungnya proses produksi untuk hasil yang maksimal. Tantangan utama adalah menjaga mesin berfungsi secara optimal dan mengurangi waktu pemeliharaan mesin akibat kerusakan mesin.

Shell menyediakan beberapa produk pelumas untuk industri ini seperti Shell Tellus, Shell Gadus, dan Shell Omala didampingi dengan layanan teknis menyeluruh untuk menanggapi tantangan tersebut.

- Pertambangan

Pelaku industri pertambangan meningkatkan produktivitasnya dengan cara bekerja lebih efisien. Untuk itu mereka akan berupaya untuk meningkatkan ketersediaan mesin, menekan biaya pemeliharaan dan juga biaya operasional.

Mereka memerlukan pelumas yang bisa membantu mereka untuk memperpanjang usia mesin sekaligus mampu meningkatkan efisiensi bisnis.

Shell memenuhi kebutuhan mereka dengan menyiapkan pelumas mesin diesel Shell Rimula, pelumas gardan dan transmisi Shell Spirax, pelumas hidrolik Shell Tellus, pelumas roda gigi Shell Omala, dan juga serangkaian produk gemuk Shell Gadus yang dapat digunakan di berbagai macam kondisi dan beban kerja yang berbeda.

- Pembangkit Listrik

Pelaku industri pembangkit listrik dituntut untuk memberikan keandalan operasional, menghindari terjadinya shutdown dan menurunkan biaya dikarenakan biaya bahan bakar dan investasi mesin yang tinggi.

Sudah semestinya, mereka memilih mitra yang dapat memberikan pelumas berkualitas yang memiliki masa pakai yang panjang untuk mengurangi biaya, waktu pemeliharan dan memberikan layanan teknis.

Shell dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan menyiapkan serangkaian pelumas untuk berbagai aplikasi dari mulai aplikasi mesin gas, Shell Mysela, pelumas mesin turbin Shell Turbo sampai dengan oli trafo dengan teknologi Gas-to-Liquid.

Bukti nyata juga telah di rasakan oleh banyak pelanggan Shell akan layanan teknis terbaik, Shell LubeVideocheck, yang dapat mendiagnosa ruang bakar mesin tanpa perlu membongkar mesin dan menghentikan operasi. [ikh]

Tags

 
Embed Widget

x