Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Mei 2017 | 15:05 WIB

Google: Gapura Digital Resmi Dimulai di Indonesia

Oleh : - | Selasa, 16 Mei 2017 | 00:30 WIB
Google: Gapura Digital Resmi Dimulai di Indonesia
Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara bersama dengan Head of SMB Marketing Google Indonesia Veronica Utami dan Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen. - dok. Google Indonesia)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Google resmi mengumumkan dimulainya Gapura Digital di 10 kota di Indonesia. Ini adalah sebuah program training gratis yang ditujukan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM).

Sejak peluncurannya di tahun 2014, Gapura telah menjangkau 7.000 UKM di enam kota di Indonesia sebagai usaha untuk membantu para pemilik UKM memperkenalkan merek mereka di Internet, dan memberikan tips untuk memaksimalkan internet dalam mengembangkan usaha mereka.

Lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat-tempat baru.

Sebuah riset dari Deloitte Access Economics menunjukkan bahwa para pemilik UKM Indonesia yang memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka mendapatkan sampai dengan 80 persen peningkatan pendapatan.

"Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," ucap Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

"Kami telah mendukung lebih dari 700.000 bisnis online dan melalui Gapura Digital, kami akan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan kemampuan internet," tambahnya.

Training di 10 kota

Kelas pertama akan diadakan pada Mei 2017 di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, bekerja sama dengan sejumlah penyedia co-working space di kota-kota tersebut. Kelas-kelas selanjutnya akan diadakan di Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Medan.

Pelatihan ini diberikan gratis dan siapa pun dapat mendaftar di g.co/gapuradigital. Melalui pelatihan ini, peserta akan mempelajari beragam informasi untuk memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka, dengan materi-materi seperti:

- Petunjuk untuk memasarkan bisnis di YouTube
- Tips terkait SEO dan SEM
- Petunjuk untuk menggunakan produk-produk dari Google

Peluncuran Situs Web Gratis dari Google Bisnisku di Indonesia

Mesin pencarian seperti Google tetap menjadi pilihan pertama ketika konsumen mencari informasi tentang produk atau jasa. Maka pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnis perlu memastikan bahwa merek mereka dapat ditemukan saat pelanggan mencarinya di internet.

Namun sayangnya, masih banyak pemilik usaha di Indonesia yang ragu atau
kesusahan untuk membuat situs web. Alasannya adalah rumit, mahal atau memakan waktu yang lama.

Menjawab kebutuhan ini, Google mengumumkan sebuah layanan situs web gratis dari Google Bisnisku yang diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Layanan ini dapat diakses oleh semua UKM yang telah mendaftarkan bisnis mereka di Google Bisnisku.

Cukup dengan smartphone dan 10 menit saja, para pemilik bisnis dapat dengan mudah membuat situs yang terlihat profesional dan yang terpenting, bisa diakses di semua perangkat secara cepat.

Dalam situs ini, para pemilik bisnis bisa mencantumkan informasi lebih banyak tentang bisnis mereka seperti informasi lokasi toko, cara membuat janji, memesan meja, atau mendaftar untuk menerima newsletter.

Dengan lebih dari 55 juta UKM berkontribusi terhadap 60 persen GDP dan hampir 97 persen lapangan kerja di Indonesia, sektor perekonomian ini jelas memiliki potensi yang besar.

Karena itu Google berharap bahwa program Gapura Digital dapat membantu semakin mempercepat peningkatan ekonomi Indonesia dengan cara memastikan para pemilik UKM memiliki kesiapan untuk berkembang di lingkungan bisnis yang semakin mengarah ke dunia digital. [ikh]

 
x