Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:33 WIB

Europol: Serangan Siber Kali Ini Paling Parah

Oleh : - | Senin, 15 Mei 2017 | 02:08 WIB
Europol: Serangan Siber Kali Ini Paling Parah
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Den Haag - Gelombang serangan siber yang menimbulkan malapetaka di seluruh dunia berada di 'tingkat yang belum pernah terjadi', demikian pernyataan badan penegak hukum Uni Eropa atau Europol.

"Diperlukan penyelidikan internasional yang kompleks untuk mengidentifikasi pelaku serangan," kata Europol, seperti dilansir AFP.

Untuk itu, Europol menjalin bekerja sama dengan berbagai negara dan perusahaan yang terkena serangan tersebut. Tim Europol pun berusaha untuk 'menanggulangi ancaman dan membantu korban'.

Jaringan komputer di rumah sakit di Inggris, Kementerian Dalam Negeri Rusia, raksasa telekomunikasi Spanyol Telefonica, perusahaan pengiriman AS FedEx, dan banyak organisasi lainnya dilaporkan telah terkena serangan ransomware yang disebut dengan julukan WannaCry.

Gelombang serangan siber yang dimulai pada Jumat pekan lalu (12/5/2017) itu rupanya memanfaatkan kelemahan yang diuraikan dalam dokumen yang bocor dari Badan Keamanan Nasional AS atau NSA.

Serangan menggunakan teknik yang dikenal sebagai ransomware yang mengunci dokumen pengguna kecuali jika mereka membayar sejumlah uang kepada penyerang dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin.

Komentar

 
x