Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 12:25 WIB

Jaringan XL Siap Hadapi Ramadan 2017

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 9 Mei 2017 | 05:15 WIB
Jaringan XL Siap Hadapi Ramadan 2017
Yessie D. Yosetya, Chief Service Management Officer XL Axiata - (Foto: inilahcom/Ibnu)
facebook twitter

INILAHCOM, Badung - Jaringan operator seluler XL siap menghadapi lonjakan trafik selama Ramadan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian jaringan yang dilakukan dalam rangka memastikan jaringan menghadapi kemungkinan kenaikan traffic pada semua jenis layanan.

"Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, kami akan meningkatkan kapasitas jaringan sebesar dua hingga tiga kali lipat di beberapa lokasi mudik dibandingkan dengan hari-hari biasa," ujar Yessie D. Yosetya, Chief Service Management Officer XL Axiata, di Badung, Bali, Senin (8/5/2017).

Dia melanjutkan, XL Axiata dapat mengatasi berbagai masalah lonjakan traffic selama Lebaran dan libur panjang mendatang.

Pasalnya, dia menjelaskan pihaknya telah memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool pada jaringan core yang memudahkan XL Axiata untuk mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

"Dengan penambahan kapasitas itu, kami optimis akan mampu mengatasi jika terjadi lonjakan traffic yang signifikan," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan uji jaringan tersebut merupakan agenda rutin yang wajib dilakukan XL Axiata setiap saat. Namun, khusus menjelang Ramadan dan Lebaran, setiap operator juga harus melakukannya lagi karena intensitas pemakaian semua jenis layanan biasanya meningkat secara signifikan.

"Apalagi, ada pula momentum ketika masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung secara serentak di mana-mana, yang memunculkan kemungkinan kepadatan di sepanjang jalur mudik," ujarnya.

XL bersama dengan beberapa rekan media, termasuk INILAHCOM, melakukan pengujian jaringan di beberapa area di Bali dengan kendaraan yang dilengkapi perangkat untuk menguji kualitas jaringan.

Rute yang diambil pada kegiatan ini adalah Bandara Ngurah Rai - Bypass Sanur - Batubulan - Singapadu - Ubud - Seminyak - Kuta sejauh kira-kira 50 km.

Di Bali sendiri sebagai daerah tujuan wisata utama dunia, dengan jutaan wisatawan datang sepanjang tahun. Hingga kuartal pertama 2017, pelanggan XL Axiata di Bali mencapai lebih dari 2 juta pelanggan. Sekitar 41 persen di antaranya telah aktif menggunakan layanan Data digital. Sebanyak 30 persen menggunakan 4G LTE.

Layanan XL Axiata di Bali didukung lebih dari 3.000 BTS, sebanyak 550 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Layanan 4G sudah menjangkau seluruh atau 9 kabupaten/ kota yang ada di Bali.

Layanan 4G LTE tersebut juga sudah menjangkau hampir semua destinasi wisata popular yang ada, baik di pantai, perkotaan, pedesaan, hingga di daerah pegunungan. [ikh]

 
x