Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 04:18 WIB

Toyota Jual 4.652 Unit Kendaraan di IIMS 2017

Oleh : Ikhsan | Senin, 8 Mei 2017 | 17:45 WIB
Toyota Jual 4.652 Unit Kendaraan di IIMS 2017
(dok. TAM)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Toyota-Astra Motor (TAM) mengklaim kembali sukses menjaga harapan konsumen yang menjadi pengunjung pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS).

Meski tidak mengedepankan kegiatan penjualan selama 11 hari gelaran IIMS 2017, mobil Toyota tetap berhasil menjadi daya tarik terbesar pengunjung, sehingga TAM mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk 4.652 unit kendaraan.

Perolehan SPK sebanyak itu tak hanya menjadikan mobil Toyota sebagai yang terlaris pada IIMS 2017, tapi sekaligus menempatkan TAM sebagai perusahaan Agen Pemegang Merek (APM) yang paling banyak menjual mobil selama digelarnya pameran tersebut.

"Capaian ini tentu tidak terlepas dan merupakan buah dari implementasi semangat Lets Go Beyond Toyota, yaitu terus menerus melakukan improvement agar konsumen merasakan Best Ownership Experience yang selalu meningkat," kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM, Senin (8/5/2017).

"Terima kasih atas kepercayaan konsumen yang telah memilih produk-produk Toyota untuk memenuhi kebutuhan mobilitasnya. Kami akan terus menjaga kepercayaan yang telah diberikan ini," imbuh Henry.

Secara segmentasi pasar, segmen MPV tetap memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan kendaraan Toyota selama IIMS 2017 yaitu mencapai 3.367 unit atau naik sekitar 10% dibandingkan tahun lalu.

Kontribusi terbesar berasal dari Avanza sebanyak 1.296 unit (27,9 persen), Calya 762 unit (16,4 persen), Innova 735 unit (15,8 persen), dan Sienta 489 unit (10,5 persen). Kemudian segmen entry hatchback Agya 493 unit (10,6 persen) dan kendaraan SUV Fortuner 319 unit (6,9 persen). Sedangkan penjualan lainnya berasal dari Rush, Yaris, Alphard dan Vellfire, Hilux, Camry, Corolla Altis, Vios, HiAce, NAV1, Dyna, serta Etios.

Tingginya penjualan di segmen MPV itu yang merupakan ceruk pasar terbesar dalam pasar otomotif nasional menunjukkan bahwa mobil-mobil MPV Toyota masih menjadi pilihan konsumen secara nasional.

Selain Avanza yang dikenal sebagai MPV Keluarga Indonesia sukses menjadi kontributor utama penjualan, MPV andalan Toyota lainnya yaitu Calya, Innova dan Sienta juga berhasil menempati posisi Top Six Sequence penjualan TAM selama IIMS 2017.

"Kami berharap hasil positif ini akan mendukung peningkatan penjualan Toyota di tahun 2017 sekaligus mempertahankan posisinya sebagai market leader sehingga makin bisa memberikan kontribusi nyata dalam menggerakkan industri otomotif nasional," ucap Henry.

Penghargaan IIMS 2017

Sukses meraih hasil penjualan yang lebih besar dibanding penyelenggaraan IIMS 2016 lalu, TAM pada IIMS 2017 yang berlangsung pada 27 April hingga 7 Mei 2017 ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat pengunjung. Mengulang kesuksesannya pada IIMS tahun sebelumnya, tahun ini TAM kembali meraih empat penghargaan untuk penampilan booth dan frontliner Toyota Pretty.

Selain meraih penghargaan sebagai The Best Booth untuk kategori luas di atas 1.500 m2, booth Toyota yang hadir dengan tema Let's Go Beyond juga berhasil meraih gelar sebagai The Best Booth Car by Visitor's Choice.

Sementara melalui dua orang Toyota Pretty-nya yaitu, Sheren Marcellia dan Stefani Ariani, TAM juga sukses meraih gelar untuk Miss Motor Show 2017 dan Miss Motorshow Photogenic.



"Terima kasih kasih atas apresiasi dari partisipasi kami mengikuti IIMS 2017, khususnya untuk penghargaan yang diterima TAM. Sejalan dengan semangat Let's Go Beyond, kami berupaya agar keberadaan booth dan Toyota Pretty sebagai frontliner kami dalam pameran dapat memberikan informasi dan layanan produk yang lebih dari yang diharapkan pengunjung," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.

Pada IIMS 2017, Toyota hadir dengan booth seluas 1.876 m2 yang terletak di Hall D arena JIExpo Kemayoran, Jakarta. Luas booth ini lebih besar dibandingkan dengan saat penyelenggaraan IIMS 2016 yakni 1.475 m2.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, booth Toyota menampilkan area display yang memamerkan 20 unit mobil produk-produk terbaru Toyota dan ditata dalam empat zona yang mewakili karakter produk dan pelanggan Toyota, yaitu Active Zone, Modern Family Zone, Adventurous Zone, dan Hybrid Zone.

"Keberadaan area booth yang lebih luas ini untuk menampung berbagai ide kreatif dalam mempresentasikan semangat Lets Go Beyond kepada pelanggan. Selain itu, dengan desain dan warna booth yang menghadirkan nuansa premium, muda, dan advance, serta lay out yang mendukung, pengunjung diharapkan makin dapat merasakan semangat Toyota dalam memenuhi ekspektasi pelanggan," kata Soerjopranoto.

Sementara itu, pada hari terakhir penyelenggaraan IIMS 2017, Toyota telah melakukan pengundian pemenang program Undian Berhadiah. Seorang pelanggan asal Jakarta Selatan bernama Tirto Limasaputra, berhasil mendapatkan Grand Prize berupa satu unit Toyota Sienta Tipe E CVT.

 
x