Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 12:34 WIB

Ini Cara OPPO dan Vivo Geser Samsung di India

Oleh : - | Senin, 8 Mei 2017 | 14:14 WIB
Ini Cara OPPO dan Vivo Geser Samsung di India
(ist)
facebook twitter

INDIA merupakan pasar besar yang menggiurkan bagi para produsen smartphone, termasuk OPPO dan Vivo yang dalam beberapa tahun ini sangat gencar dalam menjalankan promosi produk-produk mereka.

Di negara itu, OPPO dan Vivo --yang tergabung dalam satu bendera di bawah BBK Electronics-- bahkan melakukan ekspansi hingga ke daerah pinggiran perkotaan yang mungkin jarang dilirik oleh brand smartphone kenamaan, seperti Samsung.

Kemunculan spanduk, boneka besar, dan poster brand ambassador kedua merek asal China itu kerap terpampang di jalanan utama, sementara toko-toko smartphone di berbagai sudut kota juga seringkali didominasi oleh banner keduanya.

Tak hanya itu, saat calon konsumen memasuki sebuah toko smartphone, para tenaga penjual dari OPPO dan Vivo umumnya juga cukup gigih dalam menawarkan produk mereka.

Sebuah laporan terbaru dari India Times mengungkapkan betapa besarnya biaya promosi yang digelontorkan oleh kedua brand tersebut di India. Seperti di Indonesia, jalanan di berbagai kota di Negeri Bollywood itu juga dihiasi oleh iklan-iklan dari OPPO dan Vivo.

Bahkan diperkirakan jika total biaya promosi keduanya bisa mencapai 22 miliar rupee atau sekitar Rp4,6 triliun, jauh di atas biaya promosi perusahaan besar seperti Samsung dan Sony.

India Times menyebut bahwa besarnya ongkos untuk promosi tersebut merupakan gambaran dari rencana pemasaran OPPO dan Vivo, yang mencakup ekspansi pola penjualan mereka hingga 25 persen dari toko-toko non konvensional, seperti gerai penjualan ponsel, toko reparasi, juga toko alat-alat elektronik rumah tangga.

Cara tersebut ditempuh dengan tujuan untuk menggeser kejayaan Samsung yang hingga saat ini masih menjadi brand smartphone terbesar di India, setidaknya dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Sejumlah sumber dari kalangan eksekutif industri smartphone di India mengonfirmasi jika sejumlah toko ponsel sudah dihubungi oleh OPPO dan Vivo agar mereka tak fokus menjual produk-produk Samsung saja seperti yang selama ini mereka lakukan.

Kedua brand asal China itu bahkan berani memberikan jaminan kompensasi seandainya terjadi kerugian pada operasional toko.

Dikatakan juga jika OPPO dan Vivo kini tengah fokus untuk menaikan volume penjualan mereka. Kedua brand itu kabarnya juga sudah memberikan sejumlah uang agar toko-toko memasang logo mereka untuk satu hingga dua tahun ke depan.

Tak hanya itu, OPPO dan Vivo juga siap memberikan komisi keuntungan antara 5 persen hingga 10 persen pada para toko ritel maupun tenaga penjual di tiap toko.

Salah satu eksekutif dari perusahaan periklanan di India juga mengungkapkan jika seluruh spot iklan outdoor yang mereka miliki sudah diborong habis oleh OPPO dan Vivo.

Efektifkah cara yang dilakukan OPPO dan Vivo ini untuk menggesar kedigjayaan Samsung di India? Kita nantikan saja bersama.

 
x