Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 08:10 WIB

IIMS 2017 Tawarkan Inspirasi untuk Modifikasi

Oleh : - | Jumat, 5 Mei 2017 | 13:00 WIB
IIMS 2017 Tawarkan Inspirasi untuk Modifikasi
(gettinlow.com)
facebook twitter

INDUSTRI otomotif tak akan bisa lepas dari dunia modifikasi. Perubahan desain, peningkatan kenyamanan hingga penambahan performa menjadi sajian yang selalu disuguhkan oleh dunia modifikasi. Dan semua itu tersaji di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 dalam gelaran Indonesia Automodified (IAM) MBtech.

Kegiatan yang berlangsung di Hall B, JIExpo Kemayoran, Jakarta ini merupakan salah satu rangkaian dari total 20 gelaran IAM MBtech di seluruh Indonesia sepanjang 2017.

Bertajuk IIMS Super Special Series, kontes modifikasi yang diikuti lebih dari 30 mobil ini diselenggarakan atas kerja sama PT Dyandra Promosindo dengan PT HIN Promosindo.

Sinergi IAM dengan IIMS diharapkan dapat menjadikan gelaran akbar yang diadakan setiap tahun ini, menjadi lebih berwarna dan beragam. Salah satunya karena di area seluas lebih dari 1.500 m2, IAM menampilkan mobil-mobil yang telah dimodifikasi dalam beragam aliran, mulai dari stance/ fitment, street racing, racing, off-road, VIP, elegant, classic, retro, performance, exotics, hingga extreme.

"Kini adalah era sinergi bagi berbagai aspek industri otomotif di Indonesia, karena kita lihat di AS ada SEMA Show, ada Autosalon di Jepang, serta gelaran-gelaran serupa di Eropa, itu adalah mimpi kita, dan ini saatnya bagi kita untuk mulai mewujudkannya," ujar Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo.

Perhelatan IAM MBtech IIMS Super Special Series ini diikuti mobil-mobil modifikasi yang tak hanya berasal dari Jabodetabek saja, namun juga dari berbagai kota lain di Tanah Air seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, Lampung, hingga Surabaya.

Salah satu bintang pameran misalnya adalah mobil karya rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam asal Yogyakarta, yang menampilkan modifikasi ekstrim Toyota Yaris lansiran 2010 menjadi sebuah sport car dengan enam roda.

Selain mendapatkan sentuhan body conversion, mesin mobil ini juga ditambahkan turbo intercooler, serta diaplikasikannya motor listrik di roda belakang.

Yang mengesankan, di antara deretan mobil-mobil modifikasi ini juga terdapat supercar yang juga mendapatkan sentuhan modifikasi, antara lain Ferrari California dan McLaren 650S.

Gelaran IAM MBtech IIMS Super Special Series ini masih akan berlangsung hingga penutupan IIMS 2017, hari Minggu, 7 Mei 2017, juga dengan dimeriahkan berbagai kompetisi untuk pengunjung seperti photo contest yang berhadiah menarik.

PAHAMI Audio Contest

Satu lagi gelaran adu keren modifikasi mobil adalah PAHAMI Audio Contest yang untuk pertama kalinya di Indonesia, menjadi kontes audio yang menggabungkan empat asosiasi kompetisi audio yaitu EMMA (Eropa), IASCA dan MECA (AS) serta CAN (Indonesia).

Berlokasi di tenda besar di depan Hall A, JIExpo Kemayoran, kontes audio ini diikti oleh ratusan mobil dan berlangsung sejak 29 April lalu hingga 6 Mei 2017 nanti.

"Acara ini diinisiasi oleh Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia atau PAHAMI, dan menjadi satu-satunya dan yang pertama menggabungkan empat asosiasi besar kompetisi audio di Indonesia," ujar Hendra.

Untuk mengakomodasi keempat asosiasi tersebut, maka acara ini dibagi ke dalam empat sesi, yaitu EMMA di tanggal 29 dan 30 April, MECA di tanggal 1 Mei, CAN tanggal 2 dan 3 Mei, serta IASCA yang akan diselenggarakan pada 5 dan 6 Mei 2017.

Semangat yang sama dengan tujuan penyelenggaraan IIMS menjadi salah satu hal yang menjadikan kontes audio ini dapat dielenggarakan dengan lancar.

"IIMS menawarkan konsep pameran otomotif yang baru dan berbeda, dan saat digulirkan, semua asosiasi merasa memiliki semangat yang sama," ujar Ibnu Haldun, Event Manager I-Can, salah satu asosiasi yang tengah menggelar kontes.

Pada kontes asosiasi MECA tercatat sebanyak 41 mobil yang ikut serta, pada kontes EMMA 83 peserta dan pada CAN 81 peserta. Untuk kontes IASCA, hingga Kamis (4/5/2017) pendaftaran peserta masih dibuka oleh pihak panitia.

Di akhir rangkaian kontes audio ini akan ada pemenang yang diberikan penghargaan PAHAMI All Champions, yaitu mobil yang paling banyak meraih poin dari keikutsertaannya di seluruh kontes audio yang diikuti.

"Kontes audio yang digelar di IIMS ini bisa menjadi inspirasi bagi pengunjung untuk meningkatkan kualitas sistem audio di mobil harian yang mereka miliki," ujar Ibnu.

Memang di area kontes, tampak beberapa mobil yang sengaja dibuka bagian kabinnya, sehingga pengunjung dapat langsung melihat sistem audio yang telah dimodifikasi.

"Bahkan mereka boleh mendengarkan langsung kualitas audionya," tambah Ibnu.

The Wasteland: Inspirasi Modifikasi Sepeda Motor

Satu lagi area yang dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung yang mencintai modifikasi adalah The Wasteland, terutama untuk pengunjung pecinta sepeda motor.

Area yang terletak di sisi kiri panggung utama IIMS Centre Stage di outdoor area ini tampil rusty looks ala film Mad Max. The Wasteland dibangun oleh tim Bikers Station dan menampilkan beberapa sepeda motor modifikasi.

"Kami menampilkan beberapa sepeda motor modifikasi yang terinspirasi dari guru-guru kami selain ada beberapa motor modifikasi lain yang dipajang dengan digantung setinggi 7 meter," ujar Bingky, punggawa Bikers Station.

Salah satu sepeda motor yang menjadi favorit pengunjung adalah New Rocks Trike, sepeda motor roda tiga yang berbasis Harley Davidson Fat Boy lansiran 1994.

Di The Wasteland setiap harinya juga ditampilkan atraksi flame thrower atau menyemburkan api dari knalpot sebuah sepeda motor modifikasi karya Bikers Station.

"Setiap hari mulai pukul 18.00, kami mengadakan atraksi flame thrower untuk menghibur penonton hingga akhir IIMS 2017 nanti," ujar Bingky.

Selain itu, inspirasi modifikasi sepeda motor lainnya juga dapat dilihat di area Motorcycle Modification yang memajang puluhan sepeda motor hasil kurasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Area Motorcycle Modification ini terletak di samping IIMS Lounge di Outdoor Area serta di Hall B, JIExpo Kemayoran. [ikh]

Komentar

 
x