Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 27 April 2017 | 02:30 WIB

Asteroid 2014 JO25 Tidak Berdampak Bagi Bumi

Oleh : - | Rabu, 19 April 2017 | 21:54 WIB
Asteroid 2014 JO25 Tidak Berdampak Bagi Bumi
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan asteroid 2014 JO25 yang melintas berjarak 1,8 juta kilometer dari Bumi, Rabu (19/4), cukup jauh untuk bisa berdampak pada Bumi.

"Jaraknya masih cukup jauh untuk mengakibatkan dampak yang signifikan ke Bumi," kata Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Yono, di Jakarta, Rabu.

Asteroid yang oleh ilmuwan Amerika Serikat disebut The Rock ini bergerak dengan kecepatan 33 meter per detik dengan jarak 1,8 juta km atau 4,6 kali jarak Bumi ke Bulan. Asteroid ini terpantau dalam gambar radar dari antena NASA, di Goldstone Deep Space Communications Complex, California, Selasa (18/4).

Menurut Yono, asteroid yang melintas dengan jarak seperti yang terjadi pada asteroid 2014 JO25 tidak ada dampaknya terhadap Bumi, sehingga tidak perlu menjadi kekhawatiran.

Meski demikian, menurut peneliti astronomi dan astrofisika pada Pusat Sains Antariksa LAPAN, Rhorom Priyatikanto, dengan jarak terpendek lima kali radius Bulan, asteroid dengan ukuran 620 meter tetap harus dipantau.

"Bisa jadi orbitnya berbelok dan bisa semakin dekat pada papasan berikutnya," ujar dia.

Asteroid yang juga disebut sebagai planet minor atau planetoid adalah benda berukuran lebih kecil dari pada planet, tetapi lebih besar dari meteorit, yang umumnya berada di bagian dalam Tata Surya.

Hingga April 2016, tercatat ada 1,3 juta asteroid di bagian dalam maupun di luar Tata Surya, dan baru sekitar 750.000 yang bernama.

Asteroid 2014 JO25 ditemukan oleh astronom di The Catalina Sky Survey, Arizona, pada Mei 2014, dalam Program Pengamatan Obyek Dekat Bumi NASA yang berkolaborasi dengan Universitas Arizona.

Jarak asteroid 2014 JO25 dengan Bumi kali ini merupakan jarak terdekat dalam 400 tahun terakhir, dan diperkirakan akan mencapai titik lebih dekat lagi dengan Bumi setidaknya 500 tahun lagi.[tar]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x