Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Mei 2017 | 17:45 WIB

Suzuki: Ignis Bukan Model City Car

Oleh : - | Selasa, 18 April 2017 | 06:20 WIB
Suzuki: Ignis Bukan Model <i>City Car</i>
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Agen tunggal pemegang merek Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), baru saja meluncurkan mobil terbaru mereka, Suzuki Ignis, dalam rangkaian acara peluncuran di Jakarta, Senin.

Jika dilihat dari tampilannya, Ignis mengusung konsep serupa Renault Kwid yang menerapkan rancangan ala Crossover SUV untuk mobil city car seharga LCGC.
Meski demikian, SIS bersikukuh bahwa Ignis bukan sebuah city car melainkan Urban SUV, yang mereka klaim sebagai subsegmen baru di segmen SUV dan juga mereka gunakan sebagai salah satu tema Ignis.
"Statement kami, Ignis bukan city car. Menurut kami Ignis adalah Urban SUV," kata Direktur Pemasaran 4W SIS, Donny Saputra.
Berdasarkan hal itu, Suzuki meyakini bahwa Ignis tidak memiliki lawan alias membuka segmen baru di pasar otomotif Indonesia.
"Ignis ini tidak ada lawannya. Ini Urban SUV, dan dengan segala fitur premium yang ada kami mampu menarik konsumen terhadap Ignis," katanya.
Jika dilihat dari banderol harganya, Suzuki menawarkan Ignis dalam tiga varian yakni GL bertransmisi manual (MT) yang dibanderol dengan harga Rp139,5 juta, GX MT seharga Rp159,5 juta dan GX AGS senilai Rp169,5 juta.
Berkaca pada segmentasi pasar otomotif yang sudah ada saat ini, maka di pasar city car Ignis akan bersaing dengan Renault Kwid, Honda Brio, Kia Picanto, Nissan March, Toyota Etios dan Daihatsu Sirion.
Sementara jika menilik harganya yang berkisaran di mobil-mobil LCGC, Ignis akan menghadapi persaingan dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya.
Aspek SUV sasar jiwa muda
Selain Urban SUV, Ignis dihadirkan dengan tema youthful alias berjiwa muda dan maskulin, sehingga menurut Direktur Penjualan 4W SIS, Makmur, mobil tersebut menyasar para pengendara berjiwa muda.
"Memang ini untuk yang berjiwa muda, tetapi pada dasarnya tidak terpatok pada usia. Banyak juga peminat yang berusia tidak muda, tetapi menyatakan ketertarikan karena memang cocok dengan konsep berjiwa muda," kata Makmur.
Beberapa aspek yang ditonjolkan untuk menghadirkan kesan SUV di Ignis antara lain adalah ground clearance setinggi 180 mm serta air intake setinggi 700 mm yang membuatnya mampu menerobos genangan air di musim penghujan.
Kemudian dari segi badan mobil, Ignis menerapkan teknologi Total Effective Control Technology untuk menunjang keselamatan dan platform baru berteknologi HEARTECT, yang merupakan struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel memungkinkannya tetap berperforma layaknya SUV di medan offroad.

Tags

 
x