Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 April 2017 | 17:39 WIB

Smartphone Ubah Cara Konsumen Indonesia Beli Mobil

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 11 April 2017 | 18:18 WIB
Smartphone Ubah Cara Konsumen Indonesia Beli Mobil
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Semakin meluasnya penetrasi internet terutama melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, membuat cara mendapatkan informasi pun berubah.

Jika dahulu kebanyakan pecinta otomotif langsung menyambangi diler untuk mendapatkan informasi mobil baru, kini semuanya beralih dengan banyaknya konsumen yang memilih mencari informasi mobil baru menggunakan internet.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google dan TNS menunjukkan bahwa peranan perangkat seluler telah merubah cara belanja orang Indonesia dalam membeli Mobil.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 ini menunjukkan 73% dari mereka yang menggunakan mobil di Indonesia rata-rata memiliki 1,7 perangkat, dan 73% dari mereka menggunakan perangkat seluler.

"Orang Indonesia kebanyakan mencari promosi untuk mendapatkan harga terbaik dari mobil yang diincar melalui perangkatnya," ujar Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia, di Jakarta, Selasa (11/4/2017).

"Pembeli mobil juga suka mencari informasi panduan beli mobil yang menyediakan liputan mendalam, rating, dan ulasan mobil baru di Indonesia serta perbandingan harga," tambahnya.

Tak hanya mencari informasi harga dan promosi, saat ini juga terlihat kecenderungan peningkatan akses ke konten komersial video seperti yang disediakan oleh beberapa pemain besar seperti Toyota.

"Kami melihat online video kini bisa merubah pandangan untuk suatu brand," kata Amalia.

Merespons riset tersebut, Head of Media Relation Toyota-Astra Motor (TAM) Dimas Ibrahim Aska menuturkan konsumen saat ini sudah cenderung lebih suka mendapatkan informasi dari bagian otomotif di situs web konsumen, berita, atau portal web dibanding diler.

"Interest pertumbuhan untuk melakukan riset digital selalu meningkat dengan berbagai kategori dari sisi brand dan tipenya," ujar Dimas.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x