Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 28 Mei 2017 | 10:02 WIB

Optimalkan Penggunaan RAM pada Xiaomi Redmi Note 4

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 8 April 2017 | 11:11 WIB
Optimalkan Penggunaan RAM pada Xiaomi Redmi Note 4
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Xiaomi Redmi Note 4 resmi hadir di Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat smartphone yang bermain di segmen menengah ini menjadi incaran.

Apalagi spesifikasi yang dihadirkan oleh smartphone ini cukup gahar dengan banderol harga Rp2,4 juta untuk RAM 3GB dan memori internal 32 GB.

Namun, kali ini yang akan dibahas bukanlah fenomena tentang perangkat penerus Redmi Note 3 ini. Kali ini yang dibahas adalah masalah RAM.

Meskipun hadir dengan spesifikasi cukup tinggi performa mumpuni, beberapa pengguna mungkin kurang mengetahuin cara mengoptimalkan RAM dari smartphone terbaru Xiaomi ini.

Karena itu, fokus pembahasan kali ini adalah cara mengoptimalkan Redmi Note 4. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Tanpa Rooting

Bila Anda tidak ingin menambah aplikasi pada perangkat Xiaomi Redmi, gunakan tips simpel berikut ini:

- Jangan gunakan animasi pada layar

Memang menggunakan animasi pada layar dapat mempercantik layar Android Anda. Namun dengan layar yang menggunakan live wallpaper ini, kebutuhan RAM perangkat Android Anda akan semakin membengkak.

Beberapa aplikasi atau game yang ingin Anda mainkan pun terhambat karena ruang kosong RAM sudah lebih dulu digunakan untuk digunakan untuk kebutuhan animasi layar ini.

- Nonaktifkan jaringan data dan background service untuk menambah RAM

Aktifitas background dan proses sinkronisasi apps ini sangat banyak memakan RAM. Anda bisa menonaktifkan aktifitas ini di Android dengan menggunakan mode Pesawat Terbang saat membutuhkan RAM yang besar.

- Update software

Dengn melakukan update ke software terbaru kinerja dari Redmi Note 4 akan meningkat, seperti di dalamnya terdapat berbagai peningkatan. Dua di antaranya adalah solusi masalah panas dan performa RAM yang lebih baik. .

Pembaruan ini akan tersedia dan bisa diunduh dengan memeriksa update pada pilihan About Phone.

Dengan Rooting

Untuk mengoptimalkan performa RAM pada Xiaomi Redmi Note 4, hal pertama yang perlu dilakukan adalah update rooting. Sama seperti rooting pada umumnya, rooting pada Xiaomi Redmi Note 4 juga memiliki resiko.

Karena itu, sebelum lebih jauh, sebaiknya pikir dengan baik terlebih dahulu. Setelah yakin akan melakukan update rooting, maka berikut langkah yang perlu dilakukan.

Hal pertama yang dilakukan adalah meng-unlock bootlader sebagai sebagai titik awal. Untuk meng-unlock-nya Anda cukup masuk ke website Mi Unlock dan ikuti petunjuk untuk mendapatkan 'Mi Unlock tool' dan setelahnya tinggal menjalankan 'MiFlashUnlock.exe'.

Setelah berhasil meng-unlock, Anda cukup me-restart dengan menekan Volume Down + Power button dan pastikan hubungkan Redmi Note 4 Anda menggunakan kabel USB dan klik 'Unlock' di Mi Unlock Tool.

Langkah kedua adalah penginstalan Custom Recovery TWRP. Unduh file RootNative Redmi Note 4 dan simpan file tersebut di memori internal (jangan simpan di folder) dengan nama 'SuperSU.zip'.

Cara unduh bisa langsung lewat smartphone Redmi Note 4 atau via komputer dan memindahkannya via kabel data. Untuk link TWRP, bisa diunduh di tautan berikut ini.

Setelah itu masuk ke Setting, kemudian About Phone, dan tekanlah Android version sebanyak lima kali. Langkah ini dilakukan untuk masuk ke Developer Mode. Setelah itu lakukan restart (reboot) Xiaomi.

Saat masuk mode Mi-Recovery, pilihlah bahasa Inggris (English) untuk kemudahan navigasi.

Setelah itu, barulah pilih menu 'Install update.zip' dan lakukan reboot lagi.

Perlu diingat, agar aplikasi yang berjalan dengan cara root bisa digunakan, maka aktifkan 'Root permission' yang pengaturannya bisa diakses di bagian Security, kemudian pilih Permission.

Proses update rooting pun selesai.

Instal Aplikasi yang dibutuhkan

Dengan kondisi root Anda bisa sesuka hati mengatur manajemen RAM dengan mudah dan juga dapat menginstal aplikasi yang khusus ditujukan untuk kondisi ROOT seperti halnya 'Swap'.

Dengan aplikasi ini ketika memori RAM sudah tidak mampu lagi menampung aplikasi yang diinstall pada ponsel tersebut. Aplikasi ini memfokuskan pada space memory dari pada efisiensi kinerja RAM, ROEHSOFT RAM Expander ini juga mampu membuat swap file untuk VM hingga kapasitas 8GB.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang cara mengoptimalkan RAM pada Xiaomi Redmi Note 4. Semoga informasi ini membantu para pengguna Xiaomi yang ingin meningkatkan kemampuan RAM.

Namun, sekali lagi perlu diingat, langkah mengoptimalkan RAM dengan di-root tidak akan mendapat dukungan sistem operasi yang lebih baru. Karena itu, pilihlah metode sesuai yang aman menurut Anda.

 
x