Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 04:21 WIB

Toyota-Astra Motor Punya Presiden Direktur Baru

Oleh : - | Kamis, 6 April 2017 | 00:00 WIB
Toyota-Astra Motor Punya Presiden Direktur Baru
Hiroyuki Fukui - (ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Toyota Indonesia kini miliki pucuk pimpinan baru setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung Rabu (5/4/2017) menunjuk Yoshihiro Nakata sebagai Presiden Direktur Toyota-Astra Motor (TAM) menggantikan Hiroyuki Fukui.

Fukui yang telah memimpin TAM selama tiga tahun, mendapatkan tugas baru sebagai Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Asia Pacific (TMAP), perusahaan yang bertanggungjawab untuk operasional Toyota di wilayah Asia Pasifik.

"Tiga tahun adalah masa yang pendek. Namun, mengingat tantangan besar pada dinamika pasar otomotif dalam beherapa tahun terakhir, sungguh saya mendapat pengalaman yang berharga sebagai Presdir TAM. Sekaligus juga menambah keyakinan saya bahwa perusahaan ini ternyata mempunyai sumber daya manusia yang luar biasa untuk terus berkembang di masa depan," kata Fukui dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Adapun penggantinya, Yoshihiro Nakata, mulai bergabung dengan Toyota Motor Corporation (TMC) pada April 1991 dengan jabatan terakhir sebagai Deputy GM Toyota Planing Division TMC.

Di lingkungan TAM, Nakata bukanlah orang baru karena pada Januari 2006 hingga Desember 2009 pernah bertugas sebagai Executive Coordinator, Sales Department Manager Planning & Customer Relation Division TAM.

"Saya merasa mendapat kehormatan dan mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar saya bisa menjalankan tanggung jawab sebagai Presdir TAM dengan baik dan membawa perusahaan untuk terus mengalami kemajuan dan pertumbuhan," kata Nakata.

"Sebelumnya saya memang sudah pernah bekerja sama dengan teman-teman di TAM dan tentu berharap kehadiran saya sekarang ini bisa lebih memperkuat kerja sama yang pernah kita lakukan," imbuhnya.

Meski hanya menjabat selama tiga tahun di sebagai Presdir TAM, Fukui yang menggantikan Johnny Darmawan yang sudah memasuki masa pensiun pada 1 April 2014, dinilai berhasil memimpin perusahaan di tengah masa-masa sulit yang dihadapi hampir semua pelaku industri, khususnya di sektor otomotif.

Bersama Fukui, TAM bisa melalui berbagai dampak tak menguntungkan akibat melemahnya kondisi perekonomian dunia terhadap ekonomi Indonesia.

TAM sebagai perusahaan Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia mampu mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan pangsa pasar yang semakin signifikan.

Berdasarkan data, pada 2015 penjualan TAM di pasar ritel mampu mencapai 325.939 unit dan naik 19,1% menjadi 388.204 unit. Di pasar whole sales, penjualan TAM periode yang sama naik 18,56% dari 321.818 unit menjadi 381.566 unit.

Angka tersebut menunjukkan kinerja pertumbuhan penjualan TAM jauh di atas rata-rata industri yang hanya sekitar 5%.

Di bawah kepemimpinan Fukui, TAM juga mampu meningkatkan posisinya di kancah global. Sejak 2014, posisi TAM yang sebelumnya berada pada posisi ke-5 naik ke posisi ke-4 menggantikan posisi Thailand dan posisi tersebut terus bertahan sampai saat ini.

Keberhasilan TAM tidak terlepas dari semangat Toyota Let's Go Beyond yang lahir dari inspirasi serta ide Fukui. Toyota Lets Go Beyond pun telah menjadi warisan yang sangat berharga dari Fukui.

Berdasarkan semangat itu, TAM menghadirkan berbagai produk unggulan seperti Grand New Avanza-Veloz, All New Kijang Innova, All New Fortuner, All New Sienta, All New Calya, New Yaris Heyker, New Venturer, serta berbagai improvement pada Toyota Corolla dan Vios yang mendapat respon positif dari pelanggan.

TAM juga terus menambah jaringan layanan aftersales service yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia dan hingga saat jumlahnya sudah mendekati 300 outlet.

"Sebagai presiden direktur, Hiroyuki Fukui telah memberikan inspirasi positif dan berbagai pengalaman yang sangat berharga bagi keluarga besar TAM," ujar Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM.

"Kepemimpinan Fukui kami yakini akan menjadi catatan tinta emas dalam milestone sejarah TAM ke depan sekaligus menjadi motivasi bagi kami untuk selalu lebih optimistis dalam menatap berbagai tantangan dan peluang guna menjadi yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia," pungkas Henry.

 
x