Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:26 WIB

Sony World Photography Awards 2017

Fajar Kristianto Menangi Lomba Foto Sony

Oleh : - | Rabu, 29 Maret 2017 | 22:22 WIB
Fajar Kristianto Menangi Lomba Foto Sony
(Fajar Kristianto)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dewan juri Sony World Photography Awards 2017 pada hari ini (29/3/2017) mengumumkan foto The Billiard Gangster karya Fajar Kristianto sebagai pemenang Indonesia National Award.

Sony World Photography Awards adalah kompetisi fotografi terbesar di dunia, dan National Awards merupakan program global yang terbuka untuk semua fotografer dari berbagai latar belakang yang berbeda; bertujuan untuk mencari foto tunggal terbaik yang diambil oleh fotografer lokal di 65 negara.

The Billiard Gangster diambil pada 25 September 2016 di arena bilyar bernama Bilyar Gantung yang terletak di bawah jembatan layang di Penjaringan, Jakarta Utara.

Model dari foto tersebut, Ronal Aritonang, merupakan penjual sepatu jalanan nomaden yang membuka lapak di sekitar Kota Tua Jakarta. Waktu luangnya biasa ia habiskan bersama teman-teman sekampung halaman (Medan, Sumatera Utara) untuk bermain bilyar. Bilyar Gantung ini adalah contoh dari penggunaan lahan kosong yang sangat terbatas di Jakarta.

Sang fotografer, Fajar Kristianto, sehari-hari bekerja sebagai Human Resource Officer di salah satu perusahaan pertambangan, namun fotografi adalah hobi yang dimilikinya sejak lama.

"Merupakan suatu kehormatan untuk diakui dan memenangkan Indonesia National Award dalam kompetisi Sony World Photography Awards. Jakarta adalah perpaduan menarik antara hutan beton dan berbagai individu. Saya berharap agar kedepannya lebih banyak fotografer turut berpartisipasi untuk mengenalkan Jakarta melalui sudut pandang mereka," ujar Fajar.

Menurutnya, pertumbuhan pesat bangunan di Jakarta yang seiring dengan populasinya merupakan tantangan yang menarik untuk diabadikan dengan lensa.

Selain foto The Billiard Gangster karya Fajar Kristianto, dewan juri Sony World Photography Awards 2017 juga memilih foto Walking in the Light karya Amri Afrianto dan Lady in Red bidikan Hendra Permana sebagai juara kedua dan ketiga Indonesian National Award.

Karya para pemenang Indonesian National Award bakal dipamerkan bersama foto dari pemenang dan finalis negara-negara lainnya pada Sony World Photography Awards & Martin Parr 2017 Exhibition di London, Inggris, pada 21 April hingga 7 Mei 2017, serta akan dipublikasikan dalam buku pemenang tahunan.

Foto-foto dari para pemenang pertama, kedua, dan ketiga untuk semua 65 National Awards, bisa Anda lihat secara lengkap di tautan ini.

Komentar

 
x