Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 13:55 WIB

Inilah 5 Fitur Terbaru dari Android O

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 28 Maret 2017 | 06:55 WIB
Inilah 5 Fitur Terbaru dari Android O
(Foto: indiatimes)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Google baru saja merilis pratinjau terbaru operating system mereka, Android O, kelanjutan dari Nougat, untuk para pengembang beberapa waktu lalu.

OS itu dinilai akan menjadikan perangkat lebih mudah digunakan oleh para konsumen Android.

Google membuat pendekatan baru untuk aplikasi yang berjalan di background sehingga akan berpengaruh pada daya tahan baterai ponsel, tablet dan perangkat lainnya.

Android O akan secara otomatis membatasi aplikasi yang berjalan di background di tiga area: layanan background, pembaruan lokasi dan siaran implisit (implicit broadcast).

Tiga area itu sering menghabiskan baterai karena membutuhkan daya besar. Di masa mendatang, pengembang akan dibatasi untuk menggunakan background. Misalnya, lokasi, hanya akan terbarui beberapa kali dalam kurun beberapa jam sementara layanan background - program yang terus berjalan seperti mengecek kotak surat saat pengguna memakai aplikasi lain - secara otomatis akan ditutup setelah waktu yang singkat.

Mulai dari O, pengembang Android dapat mengkategorikan notifikasi mereka dalam "Channels", mengizinkan aplikasi memberi lebih banyak kontrol bagaimana pengguna menerima notifikasi.

Contohnya, aplikasi berita menawarkan notifikasi untuk breaking news dan balasan komentar. Pengguna dapat mengaut suara, getaran dan notifikasi saat layar terkunci melalui menu notifikasi.

Dikutip dari economic times, Android O merilis 5 beberapa pembaruan ini.

1. batas latar belakang untuk aplikasi

Fitur ini ditujukan untuk membantu meningkatkan daya tahan baterai smartphone dan kinerja interaktif.

Google sudah termasuk batas otomatis tambahan pada apa aplikasi di latar belakang. Batas-batas telah dimasukkan ke dalam tiga bidang yaitu siaran implisit, layanan latar belakang, dan update lokasi.

2.kustomisasi pemberitahuan

Hal ini seharusnya memberikan pengguna akhir "kontrol yang mantap atas berbagai jenis pemberitahuan."

Mereka dapat memblokir atau mengubah bagaimana masing-masing saluran berperilaku. Ada juga UI baru dan pengelompokan untuk pemberitahuan. Ini akan membiarkan pengguna mengambil melirik pemberitahuan lebih mudah.


3. Display picture-in-picture

Pengguna dapat menonton video saat menggunakan aplikasi lain di tablet dan ponsel.

4.Autofill API

Pengguna dapat menyimpan data pribadi di aplikasi tertentu, seperti menggunakan password manager, lalu secara otomatis mengisinya di platform lain.


5. Pairing

Pengguna yang memasangkan Android dengan keyboard, navigasi akan menjadi lebih mudah menggunakan tombol panah dan tab.

Tags

 
x