Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 14:26 WIB

MediaTek Bersiap Produksi Chipset 12-Core

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 14 Maret 2017 | 13:14 WIB
MediaTek Bersiap Produksi Chipset 12-Core
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Taipei - Menurut laporan yang datang dari Taiwan, MediaTek akan bekerja sama dengan TSMC merencanakan lompatan besar dengan menciptakan chipset terbaru yang lebih kuat dan tahan baterai.

Suatu laporan mengatakan bahwa chipset baru tersebut akan dibuat dengan proses 7nm dan akan memiliki 12-core atau inti. Ini berarti bahwa prosesor ini sistem baru akan lebih cepat, lebih kuat dan lebih hemat daya dibandingkan chip 10nm yang sudah ada di pasar.

Phone Arena mencatat bahwa MediaTek dan TSMC sebelumnya bekerja bersama-sama pada tahun 2015 untuk mengembangkan Helio X20 dan X25 chipset yang dimasukkan 10 core CPU. Tetapi ini tampaknya tidak cukup bagi mereka untuk bersaing dengan Qualcomm Snapdragon 835 SoC saat ini.

MediaTek tidak sendirian dalam membuat chipset dengan basis teknologi 7nm ini. Vendor Korea Selatan, Samsung juga dikabarkan sedang mendesain chipset 7nm dengan jadwal perilisan yang sama.

Sementara TSMC bahkan dikabarkan sudah bersiap-siap melompat ke teknologi fabrikasi 5nm. Seperti diketahui, makin kecil proses fabrikasi, maka semakin banyak pula jumlah core (CPU) yang bisa dibenamkan di dalamnya.

 
Embed Widget

x