Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 08:54 WIB

Garansi Panjang, Penjualan Anker Tumbuh hingga 10%

Oleh : Ibnu Naufal | Minggu, 26 Februari 2017 | 17:17 WIB
Garansi Panjang, Penjualan Anker Tumbuh hingga 10%
(Foto: eventus)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menyadari konsumen adalah segala-galanya, produsen power bank dan kabel smartphone asal AS, Anker, memberikan garansi produk selama 18 bulan atau 1,5 tahun.

Layanan purna jual menjadi kunci dalam melayani konsumen. Oleh karena itu, Anker terbukti mencatat rata-rata 7-10% peningkatan penjualan dalam setiap bulan di kuartal pertama pasar gadget Indonesia.

Respons pasar yang positif juga ditunjukkan dari testimoni pembeli pada kolom testimonial pada jalur penjualan online. Produk yang laris manis adalah produk Powerline.

Powerline merupakan produk kabel dengan tipe Lightning untuk produk keluaran Apple dan kabel dengan tipe Micro untuk smartphone berbasis Android. Disusul selanjutnya port charger dan power bank berkapasitas 10050mAh.

Penjualan secara online merupakan penjualan yang masih menunjukkan angka yang signifikan dan merangkak naik. Terutama penjualan pada situs-situs marketplace.

Penjualan melalui situs marketplace menunjukkan angka yang terus naik dan hampir menyentuh angka di atas 10% setiap bulannya, persentase ini tidak didapat oleh toko online yang menunjukkan perkembangan positif di angka kisaran 5%.

Namun, penjualan offline memang masih mempunyai angka yang relatif kecil dibandingkan penjualan online. Hal ini diakibatkan oleh banyak faktor, selain penetrasi merk Anker yang masih baru di Indonesia, pola masyarakat yang menyukai belanja melalui online juga menjadi salah satu faktornya.

Hal ini ditunjukkan dari sekitar 2-3% pembeli online yang direferensikan dari store Anker yang saat ini tersedia di Jakarta.

Positif pasar yang signifikan terhadap merk Anker mendorong manajemen Anker berstrategi untuk lebih mendongrak penjualan dikuartal kedua.

"Dalam kuartal kedua kita akan lebih menitikberatkan untuk mengedukasi konsumen tentang garansi ganti produk apabila produk Anker yang dibeli ternyata rusak atau kurang berfungsi secara baik, Garansi yang kita berikan cukup lama yaitu 18 bulan atau 1,5 tahun. Berlaku untuk semua produk, bahkan berlaku untuk produk kabel yang seharga Rp99 ribu," kata Paul Honda, Sales Regional Anker Indonesia dalam siaran persnya, Minggu (26/2/2017).

"Bayangkan Anda beli kabel dan kita jamin akan berfungsi dan lebih baik sampai 1,5 tahun, Dan juga garansi ini sekaligus menangkal berita hoax yang banyak tersebar melalui media sosial bahwa produk kami rawan meledak atau bahkan merugikan," sambungnya.

Diharapkan pemberian garansi tersebut akan menjadi selling point bagi konsumen Anker di Indonesia. Proses klaim garansi yang mudah juga menjadi poin untuk garansi produk Anker.

Konsumen hanya cukup menunjukkan bukti pembelian yang bertanggal dan mengirimkan ke alamat distributor resmi Anker di Indonesia. Pihak Anker akan mengganti ongkos kirim kepada konsumen selain konsumen mendapatkan produk yang akan diganti.

Tentu saja hal ini harus sesuai dengan ketentuan barang yang dapat mendapat garansi. Salah satunya produk rusak bukan karena kesalahan penggunaan.

Anker memasuki Indonesia sekitar November 2016 dan menargetkan peningkatan penjualan sekitar 25% pada kuartal kedua 2017.

Respons yang baik dikuartal pertama diyakini akan mendorong pertumbuhan penjualan Anker di kuartal kedua, menyentuh angka yang ditargetkan.

 
Embed Widget

x