Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 07:15 WIB

60 Tahun Astra Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa

Oleh : - | Jumat, 24 Februari 2017 | 18:00 WIB
60 Tahun Astra Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa
(ist)
facebook twitter

PT ASTRA International Tbk (Astra) terus berupaya berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa di berbagai bidang, seiring dengan cita-cita perusahaan untuk sejahtera bersama bangsa.

Selama 60 tahun kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Astra telah menjadi bagian dari dinamika kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut ditegaskan kembali dalam peringatan HUT ke-60 Astra dengan tema Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa.

Selama enam dekade, Astra tumbuh dan berkembang bersama bangsa sebagai wujud nyata dari filosofi Astra untuk terus memberikan manfaat bagi banyak orang. Nilai ini yang membuat usaha Astra berkelanjutan, bahkan berkembang cukup signifikan hingga sekarang.

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto mengatakan: Cita-cita Astra, sejahtera bersama bangsa, adalah faktor penentu Astra mampu bertahan hingga saat ini.

Selama 60 tahun perjalanannya, menurut Prijono, Astra telah melewati berbagai situasi dan kondisi ekonomi serta sosial, juga mengalami beberapa perubahan kepemimpinan.

"Meski demikian, Astra memiliki nilai-nilai luhur dari Catur Dharma yang tidak pernah hilang dan selalu dipertahankan. Kami akan terus berinovasi dengan berlandaskan nilai-nilai yang kami harapkan dapat terus berkembang sesuai perkembangan jaman," ujarnya di sela-sela Media Gathering HUT ke-60 Astra, di Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Melalui strategi pertumbuhan jangka panjang Triple Roadmap Strategy, yaitu Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap, Astra terus membangun tahapan-tahapan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan menuju Goal 2020 sebagai Pride of the Nation.

Portfolio Roadmap

Seiring dengan berkembangnya ekonomi Indonesia, Astra selalu berupaya untuk senantiasa memberikan yang terbaik di setiap bidang usaha.

Saat ini, Astra memiliki 208 perusahaan dan melayani lebih dari 10 juta konsumen atau pelanggan Grup Astra setiap tahunnya.

Komitmen untuk terus menghasilkan produk berkualitas membuat Astra terus berkembang dengan memasuki Divisi Properti di tahun 2016, sehingga saat ini perusahaan memiliki tujuh lini bisnis, yaitu Otomotif; Jasa Keuangan; Alat Berat dan Pertambangan; Agribisnis; Teknologi Informasi; Infrastruktur, Logistik dan Lainnya; serta Properti.

People Roadmap

Astra yang awalnya hanya memiliki empat karyawan telah berkembang menjadi perusahaan besar dengan 214.835 karyawan yang tersebar di 208 perusahaan di seluruh Indonesia.

Menyadari pentingnya sumber daya manusia sebagai aset utama perusahaan, Astra secara konsisten mengembangkan karyawannya dengan menyediakan pelatihan komprehensif mulai dari level dasar sampai kepada level senior eksekutif.

Pelatihan yang terangkum dalam Leadership Development Program (LDP) dikembangkan berdasarkan kebutuhan organisasi, nilai-nilai Catur Dharma, dan 8 Leadership Competence Astra (LCA) dan mencakup enam tahapan, yakni Astra Attachment Program (AAP); Astra Basic Management Program (ABMP); Astra First Line Management Program (AFMP); Astra Middle Management Program (AMMP); Astra Senior-Manager Management Program (AsrMP) dan Astra General Management Program (AGMP).

Selain itu, Astra menyadari, pencapaian kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, sejak tahun 1982, Astra telah mengembangkan InnovAstra, sebagai budaya inovasi dan improvement oleh Insan Astra. Selama 35 tahun, total telah dihasilkan 7.390.385 proyek inovasi.

Public Contribution Roadmap

Kontribusi dan tanggung jawab sosial Astra kepada masyarakat, lingkungan dan karyawan guna menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial dan lingkungan telah dilakukan sejak perusahaan berdiri.

Saat ini, kontribusi publik dilakukan secara berkesinambungan oleh 208 perusahaan Grup Astra serta melalui sembilan yayasan Astra, yaitu:

1. Yayasan Toyota Astra (berdiri tahun 1974, bergerak di bidang pendidikan).
2. Yayasan Dharma Bhakti Astra (berdiri tahun 1980, bergerak di bidang pengembangan UMKM).
3. Yayasan Astra Bina Ilmu (berdiri tahun 1995, berkembang menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) untuk meningkatkan kualitas SDM, terutama di bidang industri sepeda motor).
4. Yayasan Astra Honda Motor (berdiri tahun 1995, untuk mendukung masyarakat di bidang pendidikan dan Income Generating Activities (IGA).
5. Yayasan Amaliah Astra (berdiri tahun 2001, bergerak di bidang sosial keagamaan).
6. Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (berdiri tahun 2009, bergerak di bidang pendidikan, khususnya di daerah prasejahtera).
7. Yayasan Karya Bakti United Tractors (berdiri tahun 2008, untuk mempersiapkan SDM khususnya di bidang alat berat).
8. Yayasan Astra Agro Lestari (berdiri tahun 2010, fokus pada kegiatan sosial di bidang pendidikan).
9. Yayasan Insan Mulia Pama (berdiri tahun 2014, bergerak di bidang sosial keagamaan).

Tanggung jawab sosial perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia dititikberatkan pada empat pilar, yakni Astra untuk Indonesia Sehat (Kesehatan), Astra untuk Indonesia Cerdas (Pendidikan), Astra untuk Indonesia Hijau (Lingkungan), dan Astra untuk Indonesia Kreatif (UMKM).

Berikut kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di seluruh Indonesia di bawah naungan keempat pilar tersebut:

- Astra untuk Indonesia Sehat

Di bawah pilar Kesehatan, CSR Astra difokuskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta mempercepat perbaikan gizi masyarakat.

Selama 60 tahun, Astra telah memberikan pengobatan gratis kepada 125.818 pasien, membina 1.577 posyandu dan menyumbangkan 216.263 kantong darah.

Inisiatif Astra bersama masyarakat untuk mewujudkan Kampung Berseri Astra (KBA) sebagai kampung dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif juga mewakili implementasi dari empat pilar CSR Astra.

Saat ini, Astra memiliki 49 KBA yang tersebar di 17 provinsi di seluruh Indonesia.

Sejak tahun 2014 Astra mulai mengampanyekan Program GenerAKSI Sehat Indonesia sebagai bagian dari kontribusi sosial Astra di bidang kesehatan.

Melalui kampanye yang memanfaatkan media sosial ini, Astra mendorong masyarakat Indonesia untuk berkomitmen hidup sehat sebagai generasi penerus bangsa.

Sampai sekarang, GenerAKSI Sehat Indonesia telah berhasil menyumbangkan 15.654 kacamata bagi anak-anak Indonesia khususnya di wilayah 3T.

- Astra untuk Indonesia Cerdas

Pada pilar Pendidikan, dengan program Astra untuk Indonesia Cerdas, fokus pada pembinaan sekolah dasar dan menengah guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Hingga kini, Astra telah memberikan 231.936 beasiswa serta membina 15.859 Sekolah Binaan Astra, 20 Rumah Pintar, 124 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 40.284 guru.

Program GenerAKSI Cerdas Indonesia dibentuk untuk mengajak masyarakat Indonesia berterima kasih kepada para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah berjuang bagi pendidikan.

Melalui program ini, sampai sekarang, Astra telah mendonasikan 12.000 sepatu dan 3.039 tas untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak Indonesia di wilayah terpencil, terluar dan tertinggal (3T).

Program Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) merupakan salah satu wujud komitmen Astra untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya.

Melalui program ini, Astra telah memberikan 23.730.800 paparan panduan keselamatan berlalu lintas.

- Astra untuk Indonesia Hijau

Pengelolaan area konservasi dan perlindungan keanekaragaman hayati terpadu yang berkelanjutan merupakan salah satu fokus utama Astra dalam menjalankan bisnis.

Melalui pilar Lingkungan, sampai kini, Astra telah menanam 4.444.947 pohon, 1.103.493 pohon mangrove, membuka 27.439 hektar ruang terbuka hijau serta membangun 17 bank sampah.

- Astra untuk Indonesia Kreatif

Dukungan Astra terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah dilakukan sejak 37 tahun lalu melalui Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA).

Hal ini merupakan bentuk komitmen Astra untuk menumbuhkan usaha produktif di masyarakat dengan mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat.

Menitikberatkan pada pembinaan UMKM, penguatan kapasitas usaha dan pengembangan ekonomi kreatif untuk penyandang disabilitas, hingga kini Astra untuk Indonesia Kreatif telah membina 10.847 Kelompok UMKM, 97.641 masyarakat penerima program, membangun 16 Lembaga Pengembangan Bisnis, 10 Lembaga Keuangan Mikro dan 200 disabilitas.

SATU Indonesia Awards

Melalui Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia, Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari dan memberikan penghargaan bagi pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Program tahunan SATU Indonesia Awards diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Melalui program ini, sejak tahun 2010, PT Astra International Tbk telah memberikan bantuan dana kegiatan masing-masing senilai Rp55 juta dan pembinaan kegiatan kepada 39 penerima apresiasi SATU Indonesia Awards.

Mereka yang terpilih menjadi penerima SATU Indonesia Awards adalah mereka yang memiliki persyaratan sebagai berikut: berusia maksimal 35 tahun; individu atau kelompok dengan jumlah anggota minimal tiga orang; memiliki kegiatan yang orisinal; penggiat/ kegiatannya telah berlangsung minimal 1 tahun; belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional; dan bukan karyawan Grup Astra.

Sampai tahun 2016, terdapat 39 orang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards yang telah berkarya dalam berbagai kategori Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan Kelompok.

HUT ke-60 Astra

Dalam rangka memperingati HUT ke-60 Astra, Astra akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang tahun. Untuk mengawali rangkaian kegiatan tersebut dan sebagai puncak acara, perayaan HUT Astra akan dipusatkan di Jakarta Convention Center, Jakarta pada 24-26 Februari 2017.

Dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Konser Inspirasi 60 Tahun Astra, launching buku Astra berjudul Astra on Becoming Pride of the Nation, serta aksi sosial Revitalisasi Halte, perayaan HUT dengan tema Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa menggambarkan semangat Astra untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan best practices kepada masyarakat luas.

Perayaan di Jakarta akan menghadirkan Konser Inspirasi 60 Tahun Astra, Eksibisi dan Engagement Programs. Diharapkan melalui perayaan ini, masyarakat dapat lebih mengenal Astra, tidak hanya produk dan jasanya, tetapi juga aspek intangibles seperti aspek human capital, public contribution, good governance, inovasi dan sistem manajemen.

Konser Inspirasi 60 Tahun Astra

Menghadirkan Inspirasi Harmoni Nusantara, Astra berbagi inspirasi untuk bangsa dengan mempersembahkan Konser Inspirasi 60 Tahun Astra pada 24 Februari 2017.

Digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, konser ini menghadirkan Erwin Gutawa Orkestra dengan penampilan artis legendaris Indonesia seperti Berlian Hutauruk, Ruth Sahanaya, Harvey Malaihollo, Glenn Fredly, Sophia Latjuba, Gita Gutawa, Gabriel Harvianto, Anak Diatas Rata-Rata dan dimeriahkan oleh penampilan Impromptu Choir, Dawai Nusantara, Rafflesia Percussion Bengkulu, dan Tabusai Dance Theatre.

Di tanggal yang sama juga Astra akan meluncurkan buku berjudul Astra on Becoming Pride of the Nation. Buku manajemen kontemporer ini ditulis oleh Yakub Liman dan berisi praktik-praktik manajemen yang telah mendampingi Astra selama 60 tahun.

Revitalisasi Halte

Wujud nyata aksi sosial perusahaan juga dilakukan dengan Program Inspirasi Halte Bersih. Bersamaan dengan perayaan HUT 60, Astra meresmikan program yang bertujuan untuk merenovasi sekaligus mempercantik dan membersihkan 600 halte di 60 kota di Indonesia.

Aksi sosial ini merupakan bagian dari Engagement Program terkait empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) Astra (Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan UMKM). Nantinya, program ini akan melibatkan karyawan, masyarakat dan customer Grup Astra di seluruh Indonesia.

Perayaan 25-26 Februari 2017

Selain Konser Inspirasi 60 Tahun Astra pada 24 Februari, Astra akan mengadakan pameran dan hiburan gratis yang terbuka untuk umum di area JCC pada 25-26 Februari 2017. Pengunjung juga dapat melihat pameran Grup Astra di area eksibisi Anjungan Astra.

Menampilkan sejarah panjang perjalanan Astra selama 60 tahun, area ini akan memperlihatkan cara Astra dalam mengelola bisnis dan sumber daya manusia serta pengabdiannya kepada masyarakat.

Publik juga dapat melihat pameran intangible assets serta produk dan jasa yang paling mutakhir dari perusahaan-perusahaan Grup Astra yang tersebar di 7 lini bisnis dan yayasan di area Karya Nusantara.

Selain pameran Grup Astra, publik dapat menikmati berbagai hiburan seru dari artis Ibukota seperti Kahitna, Maliq & DEssentials, GAC serta Soleh Solihun di area Pelataran Kreasi.

Berbagai talkshow yang menginspirasi juga dapat dinikmati di area Beranda Wawasan. Di sini, publik dapat menambah pengetahuan dan informasi dengan mengikuti seminar yang mengambil berbagai tema seperti Seminar Start-Up Company yang menghadirkan Founder Young on Top Billy Boen, Seminar Photography Forecast 2017 yang menghadirkan Kristupa Saragih dan FX Sri Maryono dari komunitas Fotografer.net, Seminar Kampung Berseri Astra dengan pendiri Indonesia Berkebun Shafiq Pontoh, Seminar Be A Smart Blogger bersama blogger Jakarta Ichsan Permana, dan masih banyak lagi.

Berbagai permainan tradisional serta permainan anak seperti Taman Lalu Lintas dan Lego Land serta story telling oleh Kampung Dongeng juga dapat dinikmati oleh pengunjung di area Pojok Bermain.

Tak hanya itu, pengunjung juga berkesempatan untuk memenangkan banyak hadiah menarik dalam berbagai permainan serta kompetisi yang digelar di area Kompetisi. Jangan lewatkan juga untuk menikmati sajian kuliner dari 60 daerah di Indonesia dengan mendatangi area Dapur Nusantara.

Menyadari pentingnya berbagi inspirasi dengan masyarakat luas, Astra juga tidak lupa melibatkan komunitas-komunitas Ibukota dalam perayaan HUT ke-60.

Area Balai Komunitas akan menjadi ajang berkumpul serta kopi darat dengan 10 komunitas seru, yaitu Modcom, Astra Runners, Tomoci, Young on Top, Good News from Indonesia, Fotografer.net, Komunitas Historia Indonesia, 1000 Guru, Doodle Art Indonesia dan Komunitas Lego Indonesia.

Roadshow ke Lima Kota

Tidak berhenti di Jakarta, rangkaian HUT ke-60 Astra juga akan terus berlangsung sepanjang tahun ini dengan diadakannya roadshow ke lima kota di seluruh Indonesia, yaitu Yogyakarta (28-30 April 2017), Balikpapan (19-21 Mei 2017), Surabaya (21-23 Juli 2017), Medan (29-30 September & 1 Oktober 2017) serta Makassar (17-19 November 2017). [ikh]

 
Embed Widget

x