Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 19:53 WIB

Nissan Tetap Lanjutkan Pembangunan Pabrik Meksiko

Oleh : - | Jumat, 10 Februari 2017 | 02:32 WIB
Nissan Tetap Lanjutkan Pembangunan Pabrik Meksiko
(Foto: autonews)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Nissan menyatakan tetap meneruskan rencana membangun pabrik baru di Meksiko meski Presiden Donald Trump mengancam akan memberlakukan pajak perbatasan besar bagi perusahaan yang tak membangun pabrik di AS.

Nissan dan Daimler memulai proses pembangunan fasilitas produksi di Aguascalientes, Meksiko tengah, pada 2015. Mereka menggelontorkan investasi sekitar US$1 miliar untuk pabrik yang akan memproduksi merek Infiniti dan Mercedes-Benz.

Nissan mengatakan, pabrik tersebut sudah bisa beroperasi tahun ini. Para produsen mobil Jepang memiliki beberapa lini produksi di Meksiko yang menghasilkan lebih dari 800 ribu kendaraan per tahun.

"Sampai saat ini kami berada di jalur yang sama, sejalan dengan jadwal dan pada akhir tahun fiskal mobil Infiniti baru akan kami diproduksi di sana (Meksiko)," kata Joji Tagawa, Corporate Vice President Nissan, seperti dilansir dari AFP.

Pernyataan itu muncul setelah Nisshinbo Holdings, perusahaan Jepang lain, mengatakan telah mengesampingkan Meksiko sebagai lokasi yang memungkinkan untuk membangun pabrik onderdil mobil, mengacu kebijakan proteksionis Trump.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkunjung ke Washington DC Kamis (9/2/2017) waktu setempat untuk bertemu Trump dengan tujuan mempererat hubungan dan menyampaikan komitmen negaranya berinvestasi di AS.

Sebelumnya Trump juga mengkritik Toyota yang membangun pabrik baru di Meksiko dengan mengancam akan memberlakukan tarif pajak perbatasan besar di masa mendatang.

Komentar

 
x