Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 07:17 WIB

VW Digugat Perusahaan Manufaktur Jerman

Oleh : Ibnu Naufal | Senin, 6 Februari 2017 | 19:19 WIB
VW Digugat Perusahaan Manufaktur Jerman
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Bremerhaven - Salah satu pelanggan terbesar Volkswagen yakni Deutsche See, yang bergerak di bidang manufaktur perikanan, menggugat pabrikan mobil asal Jerman itu karena merasa ditipu atas armada kendaraan yang disewa tidak memenuhi standardisasi ramah lingkungan.

Reuters
melaporkan, Deutsche See menjadi pelanggan besar pertama yang menuntut produsen mobil terbesar di Eropa tersebut atas skandal kecurangan mesin diesel. Hal ini pun sekaligus kasus pertama yang dibawa oleh seorang pelanggan korporasi di pasar dalam negeri.

Sebelumnya, Volkswagen telah menghadapi banyak tuntutan hukum dari individu pemilik kendaraan, regulator, pemerintah negara bagian dan diler di Amerika Serikat, pasca terkuaknya skandal tersebut akhir 2015 lalu di negeri Paman Sam itu.

Deutsche See yang berbasis di Bremerhaven menyewa sekitar 500 kendaraan dari Volkswagen. Deutsche See menggugat VW hingga US$12,8 juta.

"Deutsche See bekerja sama dengan VW karena VW berjanji memberikan konsep mobilitas yang paling ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata sebuah pernyataan dari Deutsche See.

Manajemen Deutsche See mengatakan, telah mengajukan keluhan untuk penipuan berbahaya di pengadilan regional di Braunschweig, dekat markas VW di Wolfsburg.

Sebelumnya, dampak hukum dari masalah tersebut telah menelan biaya perusahaan lebih dari 20 miliar euro atau setara US$21,6 miliar.

Mantan kepala eksekutif VW pun sedang diselidiki oleh jaksa Jerman untuk dugaan penipuan dan manipulasi pasar.

Komentar

 
x