Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 19:58 WIB

Media Test Drive

Menikmati Sensasi Baru New Honda Mobilio

Oleh : Ikhsan | Minggu, 5 Februari 2017 | 03:40 WIB
Menikmati Sensasi Baru New Honda Mobilio
(inilahcom)
facebook twitter

HONDA Prospect Motor (HPM) melakukan perubahan besar atau major model change pada Honda Mobilio. Tampil dengan nama New Honda Mobilio, lini MPV andalan Honda ini telah resmi meluncur pada 12 Januari lalu.

Perubahan besar tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi Honda Mobilio sejak diluncurkan pada 2014 silam, dan Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang meluncurkan model terbaru ini.

Hingga akhir Januari 2017, HPM mencatat penjualan New Honda Mobilio sudah mencapai 3.365 unit. Angka tersebut meningkat 67% dari penjualan bulan sebelumnya (Desember 2016) yaitu sebesar 2.016 unit.

Bersamaan dengan hal itu, pihak HPM pun mengundang para jurnalis untuk mencicipi sensasi berkendara New Honda Mobilio yang kini tampil dengan perubahan yang signifikan pada eksterior, interior, dan fitur-fitur yang semakin lengkap.

Selama dua hari, INILAHCOM beserta jurnalis otomotif lainnya dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya diberi kesempatan untuk merasakan langsung New Honda Mobilio di Pulau Dewata, Bali.

Dalam kegiatan bertajuk Enjoy New Sensations with New Honda Mobilio Media Test Drive ini, pihak HPM menyediakan 20 unit New Honda Mobilio yang terdiri dari tipe E CVT dan RS CVT yang digunakan oleh para awak media secara bergantian.

Eksterior

Pada hari pertama, hujan lebat yang disertai angin kencang memang cukup mengganggu kegiatan test drive. Meski demikian, para jurnalis tetap antusias menjajal sensasi baru dari mobil Low-MPV berkapasitas 7-penumpang ini.

INILAHCOM langsung mendapat kesempatan menjajal Mobilio RS CVT, tipe tertinggi dari lini New Honda Mobilio yang ditawarkan HPM di pasar otomotif Tanah Air.

Sebelum masuk ke dalam kabin, tak dipungkiri jika desain eksterior baru meningkatkan wajah New Honda Mobilio makin sporty dan menarik. Tampak luar, New Honda Mobilio ini masih mengikuti bahasa desain Honda yaitu dengan solid wing face. Headlamp-nya telah dilengkapi dengan LED Light Guide yang dapat membantu visibilitas menjadi semakin jelas. Penerangan yang baik ini sangat membantu kami menembus hujan dan malam.

Bagian belakang New Honda Mobilio juga tampil dengan Rear License Garnish baru yang mewah melalui aksen krom. Sedangkan rear spoiler dan bumper masih sama persis seperti model sebelumnya.

Tampilan New Honda Mobilio RS makin sporty lewat desain bumper bergaya serta chrome grille yang mewah. Beberapa perangkat dipasang seperti Sporty Front & Rear Bumper, Sporty Side Under Spoiler, dan Sporty Tailgate Spoiler yang menambah kesan sporty dan dinamis.

Di bagian atas juga terdapat penambahan Roof Moulding Garnish. Sedangkan di bagian samping juga terdapat Power Retractable Door Mirror yang dapat melipat kaca spion secara otomatis hanya dengan satu sentuhan jari.

Desain alloy wheel baru juga membuat New Honda Mobilio RS tampil sporty dengan ukuran 15 inci untuk menunjang kenyamanan berkendara. Khusus pada New Honda Mobilio RS varian warna Phoenix Orange mempunyai paduan atap dan grille depan berkelir hitam yang agresif sehingga menjadikan penampilannya semakin dinamis.

Dengan tampilan yang banyak mengalami perubahan, HPM merasa percaya diri bahwa New Honda Mobilio bisa diterima konsumen seperti model sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan telah terjualnya 3.365 unit New Honda Mobilio sepanjang Januari lalu yang notebene meningkat 67% dari penjualan pada bulan sebelumnya.

Interior

Masuk ke dalam kabin, interior New Honda Mobilio RS langsung memberikan sensasi sporty dengan nuansa hitam. Joknya pun dibalut bahan fabric berwarna gelap dengan aksen oranye pada jahitannya.

Meski jok New Honda Mobilio masih bergaya semi-bucket, tetapi sandaran kepalanya kini terpisah, bisa dicopot atau diatur ketinggiannya (New Separated & Adjustable Headrest). Hal ini berbeda dengan model sebelumnya yang memiliki sandaran kepala menyatu pada jok.

Bersiap di depan roda kemudi, kualitas jok yang empuk dengan busa lebih tebal cukup memberi kenyamanan bagi pengendara. Sayangnya, di varian termahal ini pengaturan jok masih manual. Meski demikian, setirnya tetap bisa dinaik-turunkan berkat fitur tilt steering dan desain baru pada meter cluster berhasil menambah kesan advance pada New Honda Mobilio RS.

Kenyamanan interior ditingkatkan untuk memberikan pengalaman baru. Perangkat hiburan New Honda Mobilio RS didukung sistem audio video layar sentuh 6,8 inci. Layar sentuh ini lebih besar dibandingkan tipe E yaitu 6,2 inci.

Selama kegiatan test drive, pihak HPM menyediakan USB flash drive berisi lagu-lagu yang bisa kami nikmati sepanjang perjalanan. Suaranya begitu jernih di dalam kabin dan minim gangguan suara-suara dari luar berkat peredaman pada interior yang terbilang cukup mumpuni.

Sebagai sarana hiburan dan informasi, sistem audio video ini juga dibenamkan fitur seperti radio AM/FM, USB Connection untuk terhubung dengan iPod atau iPhone, display untuk rear parking camera, dan pemutar CD, DVD, MP3, WMA.

Untuk tipe RS ini, sistem audio videonya telah didukung enam speaker premium dengan tambahan dua buah tweeter yang disematkan di bagian pilar A mobil. Hadir pula sistem K2 Technology yang mampu membuat suara di dalam kabin lebih berkarakter berkat jangkauan frekuensi yang lebih luas. Ada juga Link EQ yang menjaga pengaturan equalizer tetap optimal sesuai dengan besaran volume yang kita pilih.

Tepat di bawah sistem audio video ada perangkat pengatur pendingin udara (AC) yang sudah dilengkapi tombol auto seperti mobil-mobil premium. Lalu juga ada quick charging (1.5A) yang akan membantu penumpang mobil mengisi baterai ponsel atau gadget lainnya.

Masih di bagian interior, hadir pula dukungan fitur lain, seperti power door mirror dan kemampuan pintu untuk mengunci otomatis pada kecepatan tertentu.

Beralih ke bangku penumpang di baris kedua. Busa jok baris kedua juga dibuat lebih tebal dari model sebelumnya, termasuk adanya sandaran kepala untuk penumpang tengah. Penumpang baris kedua juga tetap mendapat layanan pendingin udara berkat double blower AC yang terpasang di plafon atas.

Bangku pada baris kedua ini juga dapat digeser, direbahkan, serta dilipat dengan satu sentuhan (One-Touch Tumble Seats 2nd Row). Hal tersebut tentu memudahkan untuk memberikan ruang bagasi yang lebih luas.

Sedangkan untuk bangku penumpang di baris ketiga tidak terlalu banyak mendapat perubahan ketimbang model sebelumnya. Selain mendapatkan tambahan busa jok yang lebih tebal, posisi duduk penumpang di baris ketiga masih tetap yang terlega di kelasnya.

Performa

Menyusuri jalanan di kawasan Kuta, kami harus menghadapi kondisi stop and go. Meski demikian, New Honda Mobilio masih nyaman dikendarai berkat transmisi 'pintar' CVT-nya yang mampu meredam hentakan saat perpindahan gigi. Ketika membutuhkan tenaga besar untuk menyalip kendaraan, cukup tekan gas sedikit lebih dalam, maka tenaga akan langsung tersedia seperti yang Anda butuhkan.

Saat berkendara, kami pun sangat terbantu dengan meter cluster baru yang didesain dengan bentuk yang eye-catching dan futuristik. Dengan desain tiga display meters memberikan informasi akurat agar mudah dilihat oleh pengemudi. Di roda kemudi, steering switch-nya pun sudah baru yang bisa mengatur audio sistem.

Saat dipacu, pergerakan mobil demikian stabil, dengan body rolling minim, sehingga mudah dikendalikan. Harus diakui fitur Electronic Power Steering (EPS) pada kemudi sangat membantu memberikan sesasi berkendara.

Di jalan macet, setir New Honda Mobilio begitu ringan. Sedangkan saat melaju kencang, setir begitu mantap di tangan. Handling cukup presisi, sehingga pengendalian mobil ini selalu dalam genggaman pengemudi.

Soal kenyamanan, dengan besar hati kami memberikan acungan jempol. Sistem suspensinya empuk dengan MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di belakang. Mobil tidak bergoyang ke kiri atau kanan, saat melibas jalan berlubang atau melewati polisi tidur.

Dengan ground clearance yang cukup tinggi, yakni 189 mm, mobil ini dirasa cocok untuk kondisi jalan Indonesia baik di dalam maupun luar kota. Perjalanan kami ke kawasan Jimbaran di hari pertama dan ke Tanjung Benoa di hari kedua pun dilalui dengan nyaman.

Bicara soal dapur pacu, mesin yang digunakan oleh New Honda Mobilio masih sama seperti yang dipakai oleh model sebelumnya. Meski menggunakan mesin lawas 1,5 liter i-VTEC yang menyemburkan tenaga maksimal 118 PS pada 6.600 rpm, New Honda Mobilio masih 'bertenaga' untuk diajak berlari. Cukup dengan memasukkan tuas perseneling ke posisi D, transmisi CVT-nya cerdas menerjemahkan keinginan kami untuk berakselerasi.

Bicara performa tentu saja tak bisa lepas dari fitur keamanan. New Honda Mobilio memberikan sensasi berkendara yang aman dan nyaman karena didukung oleh berbagai fitur keselamatan lengkap, seperti Dual Front SRS Airbags berfungsi apabila terjadi benturan frontal, yang akan mengembang seketika untuk mengurangi cedera pada pengemudi dan penumpang depan.

Penumpang tak ketinggalan mendapat perhatian. Fitur 3 Point Seatbelt pada bagian tengah di baris kedua penumpang yang berfungsi untuk menjaga posisi tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan ketika terjadi benturan keras.

Untuk sistem pengereman, Honda memasang fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

Ada juga fitur tambahan yang disematkan pada New Honda Mobilio RS, yakni VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist). Fitur VSA bertujuan untuk mengurangi oversteering, sedangkan HSA berfungsi untuk menahan tekanan rem sesaat sebelum kendaraan melaju kembali saat sedang berada di tanjakan yang bertujuan untuk mencegah kendaraan bergerak mundur.

Fitur baru tersebut patut mendapat acungan jempol mengingat di kelas ini belum ada mobil lain yang mengaplikasikannya.

Ketersediaan dan harga

New Honda Mobilio ditawarkan dalam tiga varian, yaitu Tipe S M/T dengan harga Rp189,5 juta, Tipe E M/T Rp210 juta, dan Tipe E CVT seharga Rp221 juta.

Sementara New Honda Mobilio RS ditawarkan dengan dua varian yaitu Tipe RS M/T seharga Rp233 juta dan RS CVT yang dibanderol Rp243,5 juta.

Pilihan warna untuk New Honda Mobilio (Tipe S dan E) adalah Marine Purple Pearl dan Passion Red Pearl sebagai warna baru, melengkapi pilihan warna lainnya Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, dan Tafetta White.

Sedangkan untuk New Honda Mobilio RS terdapat pilihan warna Marine Purple Pearl dan Phoenix Orange Pearl Two-tone sebagai warna baru, kemudian White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, dan Modern Steel Metallic.

Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan di dunia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tanggal 19 September 2013, kemudian mulai dikirimkan untuk konsumen di Indonesia pada bulan Januari 2014.

Sejak didistribusikan pada Januari 2014 hingga Desember 2016, Honda Mobilio telah mencatat penjualan sebanyak 161.402 unit di seluruh Indonesia. Pada tahun 2016, Honda Mobilio berhasil meraih pangsa pasar sebesar 16% di segmen Low MPV.

Honda Mobilio juga telah banyak mendapat penghargaan, di antaranya Car of The Year 2014 dari Tabloid Otomotif, Best Newcomer 2014 dari Majalah Autocar Indonesia, Best of The Best MPV tahun 2014 & 2015 dari Tabloid Otomotif, serta Best Low MPV 2016 dari Majalah Auto Bild. Hingga kini, Honda Mobilio telah mengumpulkan sebanyak 16 penghargaan di Indonesia.

Kesimpulan

Selama dua hari melakukan test drive, INILAHCOM menilai New Honda Mobilio layak jadi pertimbangan konsumen dalam memilih kendaraan Low MPV yang di dalamnya juga diisi oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga.

Secara keseluruhan, New Honda Mobilio memiliki tampilan yang oke, kenyamanan kabin diperhatikan tak hanya untuk pengemudi tapi juga penumpang belakang. Demikian juga dengan performanya yang bisa diandalkan, karena memiliki tenaga dan torsi paling besar di kelasnya.

Komentar

 
x