Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 30 April 2017 | 19:57 WIB

PlayStation VR Kini Dukung YouTube 360 Derajat

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 24 Desember 2016 | 11:15 WIB
PlayStation VR Kini Dukung YouTube 360 Derajat
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Mengakomodir video siaran langsung alias live streaming berformat 360 derajat, YouTube menambah dukungan untuk satu perangkat baru, yakni Sony PlayStation VR.

Dengan demikian, pengguna sudah bisa menikmati berbagai video 360 derajat menggunakan headset virtual reality (VR) itu.

Sebelumnya, perangkat Playstation VR memang tidak bisa dipakai menonton video dari YouTube. Untuk menyaksikan video 360 derajat, pengguna harus memasang aplikasi VR khusus yang disediakan di toko aplikasi Playstation Network (PSN).

Namun sekarang, perangkat itu sudah bisa dipakai menyaksikan YouTube 360 derajat, asalkan aplikasi sudah diperbarui ke versi 1.09.

Dukungan video VR untuk PlayStation VR ini diluncurkan secara diam-diam. Keberadaan pembaruan tersebut kemudian diketahui oleh netizen. Mereka pun langsung mengunggah dan menyebarkan informasi tersebut ke berbagai media sosial, seperti Twitter, Reddit, dan lainnya.

Satu hal yang perlu dicatat, YouTube tampaknya merilis pembaruan ini secara bertahap. Beberapa pengguna mengaku sudah mendapatkan pembaruan, beberapa lagi belum mendapatkannya.

Sebagai awal, beberapa performa artis pada rangkaian festival Coachella di Los Angeles, AS, akan disiarkan langsung di YouTube. Ini tentu kabar gembira bagi para penggemar yang tak berkesempatan hadir langsung pada festival tersebut.

"Tahun ini kami memboyong video festival yang tak pernah ada sebelumnya, yakni menyiarkan langsung performa beberapa artis dalam format seperti nyata," kata perwakilan YouTube, seperti dilansir Trusted Reviews.

Pengguna bisa menikmati konten tersebut melalui Google Cardboard atau VR yang tersedia di pasaran. Misalnya Samsung Gear VR, HTC Vive, dan Oculust Rift.

Jika tidak memiliki perangkat VR, pengguna bisa mengakses video lewat desktop atau smartphone dengan menggunakan kursor atau soft button pada layar sentuh untuk mengubah perspektif.

Ke depannya nanti, siapa pun yang memiliki kamera 360 derajat dan akses internet dengan kecepatan unggah antara 10 hingga 20 Mbps, bisa menyiarkan langsung video mereka via YouTube.

x