Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 16:10 WIB

Gmail Kini Hadirkan Fitur Pembatalan Kirim Email

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 25 Juni 2015 | 18:18 WIB

Berita Terkait

Gmail Kini Hadirkan Fitur Pembatalan Kirim Email
(gizmodo.com)

INILAHCOM, San Francisco - Apakah Anda pernah mengalami hal memalukan atau menemui masalah hanya karena keliru mengirim email? Hal tersebut kini sudah bisa diantisipasi oleh Google melalui layanan Gmail-nya. Seperti apa?

Google siap membuat Anda lebih mudah untuk menghindari masalah yang dapat disebabkan oleh email salah kirim, dengan menghadirkan sebuah opsi baru pada Gmail.

Gmail kini memungkinkan pembatalan pengiriman email dalam waktu 10 hingga 30 detik dari sejak Anda terlanjur menekan tombol kirim (send).

Diharapkan, opsi ini dapat menjadi perlindungan standar di Gmail, sebagai bagian dari perubahan pengaturan yang dibuat oleh Gmail pada pekan ini.

Fitur tersebut dinamakan 'Undo Send', dimana sebenarnya telah tersedia sejak enam tahun lalu di laboratorium eksperimen Google.

Dan ternyata diperlukan waktu yang panjang bagi tim Google untuk benar-benar yakin bahwa fitur ini siap untuk digunakan oleh seluruh pengguna Gmail.

Alat pembatalan pengiriman email ini mulai bekerja hingga 30 detik setelah tombol 'Send' ditekan.

Pertimbangan 30 detik tersebut memberikan pengguna kesempatan untuk mengambil tindakan jika email yang dikirim itu keliru, dikirim ke alamat email atau orang yang salah, demikian lansir Gizmodo.

Secara bertahap, Google memasukkan fitur 'Undo Send' mulai akhir bulan lalu ke aplikasi manajemen email, yang disebut 'Inbox', dimana dirancang untuk perangkat mobile. Sedangkan untuk versi web, kabarnya akan segera menyusul. [ikh]

Komentar

x