Find and Follow Us

Minggu, 20 Oktober 2019 | 13:49 WIB

Smartphone Pertama di Dunia Dipamerkan di Museum

Oleh : Ikhsan suryakusumah | Minggu, 24 Agustus 2014 | 05:06 WIB
Smartphone Pertama di Dunia Dipamerkan di Museum
(bbc.com)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Perangkat mobile yang diklaim sebagai smartphone pertama di dunia, dipamerkan di Museum Sains London, Inggris. Seperti apa?

Kurator museum tersebut mengatakan bahwa perangkat besutan IBM bernama Simon ini merupakan telepon pintar pertama di dunia, jauh di masa sebelum era iPhone dan Android lahir.

IBM Simon pertama kali diluncurkan pada 20 tahun lalu, tepatnya 16 Agustus 1994. Perangkat yang saat itu dijual seharga US$900 itu diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni sebanyak 50 ribu unit dan hanya dipasarkan di wilayah AS saja.

"Ketika diluncurkan, IBM Simon tidak disebut sebagai smartphone. Namun, fiturnya memiliki kesamaan dengan smartphone yang kita kenal saat ini. Perangkat ini memiliki fungsi kalender, dapat dipakai untuk mencatat, mengirim email, dan pesan singkat. Kesemuanya itu digabungkan ke dalam satu ponsel saja," ujar Charlotte Connelly, kurator Museum Sains London, seperti dilansir BBC.

IBM Simon memiliki tampilan yang lebih mirip perangkat walkie-talkie ketimbang ponsel. Dengan bobot 500 gram, IBM Simon hanya memiliki baterai yang sanggup bertahan selama satu jam dalam satu kali pengisian daya.

"Perangkat ini juga memiliki pena stylus dan layar sentuh LCD berwarna hijau dengan ukuran layar serupa iPhone 4. Bahkan, tampilannya pun tidak buruk," tambah Connelly.

Sayangnya harga yang dibanderol untuk IBM Simon masih dianggap mahal di kala itu sehingga tidak begitu laris di pasaran. Dua tahun setelah perilisannya, perangkat tersebut menghilang dari peredaran.

Komentar

x