Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 23:28 WIB

Geser Samsung, Xiaomi Jadi Vendor Nomor 1 di China

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 6 Agustus 2014 | 09:09 WIB
Geser Samsung, Xiaomi Jadi Vendor Nomor 1 di China
(Foto: Riset)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Xiaomi akhirnya merajai pasar ponsel di kampung halamannya sendiri. Perusahaan asal China itu tercatat menjual smartphone terbanyak pada kuartal kedua 2014, mengalahkan Samsung yang harus puas menduduki urutan kedua.

Menurut analis pasar Canalys, Xiaomi mendapatkan pangsa pasar 14%. Dengan demikian, Xiaomi memimpin pasar ponsel pintar China di atas vendor lainnya: Samsung (12%), Lenovo (12%), Yulong (12%), dan Huawei (11%).

Canalys menyebutkan menanjaknya pamor Xiaomi dibantu oleh menyusutnya porsi Samsung dan Apple. Apple bahkan sama sekali tidak masuk dalam lima besar di China.

Menurut Canalys, 97% penjualan Xiaomi dilakukan di China. Namun perusahaan yang dipimpin oleh Lei Jun tersebut bermaksud untuk ekspansi ke pasar lain, seperti Indonesia, Mexico, Rusia, Thailand, dan Turki.

Sementara itu secara global, lonjakan penjualan produknya pada kuartal kedua 2014 telah menempatkan Xiaomi sebagai salah satu pembuat ponsel terbesar di dunia.

Data dari Strategy Analytics menunjukkan bahwa Xiaomi mendapatkan pangsa pasar 5% di seluruh dunia, yang mendorongnya untuk pertama kalinya menduduki posisi kelima setelah Samsung, Apple, Huawei, dan Lenovo. [ikh]

 
x