Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 28 Juni 2016 | 10:44 WIB
Hide Ads

Rayakan Ulang Tahun John Venn Ke-180

Diagram Venn Hadir di Google Doodle Hari Ini

Oleh : Ikhsan suryakusumah | Senin, 4 Agustus 2014 | 08:33 WIB
Diagram Venn Hadir di Google Doodle Hari Ini
(google.com)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Hari ini Google merayakan ulang tahun seorang ahli matematika Inggris bernama John Venn yang ke-180 dengan tampilan Google Doodle yang unik. Seperti apa?

Jika Anda mengakses Google hari ini, maka pada halaman muka mesin pencari raksasa asal AS tersebut akan muncul Diagram Venn menghiasi tampilan Google Doodle. Ya, hari ini Google memang sedang memperingati ulang tahun ke-180 dari John Venn sang penemu Diagram Venn.

Dilahirkan di Yorkshire, Inggris, pada 4 Agustus 1834, John Venn terkenal karena jasanya menemukan Diagram Venn. Dalam diagram tersebut, lingkaran digunakan untuk menggambarkan hubungan antara sebuah kelompok dengan kelompok lain, keterkaitan apa saja yang mereka miliki, dan bagian apa saja dari kedua kelompok tersebut yang saling bersinggungan; atau sama-sama dimiliki keduanya.

Sebagai bagian ilmu matematika, Diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh John Venn untuk menjelaskan berbagai hubungan persoalan dari yang mudah hingga yang rumit berkaitan dengan topik-topik di bidang logika, probabilitas, statistik, linguistik dan ilmu komputer.

Kali ini Google mempersilakan penggunanya untuk menggunakan Diagram Venn sebagai hiburan yang bisa menambah pengetahuan tentang konsep himpunan. Jika Anda mengklik salah satu saja dari huruf 'Google' maka akan muncul animasi baru berupa dua lingkaran besar; yang di sampingnya terdapat beberapa item.

Pilihlah salah satu item tersebut, misalnya gambar mobil. Maka, Anda akan dibimbing masuk ke dalam lingkaran besar yang berisi topik seputar transportasi. Langkah berikutnya adalah memilih item lain yang muncul di sebelah lingkaran besar kedua.

Misalnya gambar burung, yang akan membawa Anda masuk ke dalam lingkaran besar dengan topik 'benda-benda yang memiliki sayap'. Nantinya, dua lingkaran tersebut akan saling menyatu. Terdapat bagian dari lingkaran besar pertama yang melekat dengan lingkaran besar kedua; dan di dalamnya muncul item 'pesawat terbang'.

Total terdapat lima item di sisi kiri dan lima item di sisi kanan yang masing-masing bisa Anda gabungkan untuk mengetahui apa saja relasi di antara kedua item yang Anda pilih itu.

Diagram Venn adalah salah satu temuan ilmiah yang dihadirkan John Venn untuk perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Berbagai karya lain di bidang matematika, logika, dan filosofi juga telah disumbangkan Venn sepanjang hidupnya hingga akhir hayatnya.

John Venn menghembuskan nafas terakhir di Cambridge, Inggris, pada 4 April 1923 dalam usia 88 tahun. Diagram Venn yang Anda saksikan pada Google Doodle hari ini adalah buah karyanya yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari.

facebook twitter

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget