Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 11:42 WIB

Media Sosial Tingkatkan Pengaduan Terhadap Dokter

Oleh : Ahmad taufiqqurakhman | Selasa, 22 Juli 2014 | 13:13 WIB
Media Sosial Tingkatkan Pengaduan Terhadap Dokter
(Foto: Riset)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Peningkatan pengaduan pasien terhadap dokter mencerminkan peran media sosial dan peliputan negatif terhadap profesi medis, demikian menurut sebuah laporan yang diprakarsai oleh Dewan Medis Umum Inggris.

Laporan itu menyebutkan jumlah peningkatan aduan terhadap dokter berlipat dua kali antara 2007 dan 2012.

Mengutip BBC, pada 2007, jumlah pengaduan mencapai 5.168 kasus. Selang lima tahun kemudian, jumlah kasus meningkat hingga 10.347 buah.

Setelah ditelusuri, ternyata penyebabnya ada sejumlah tren yang ditengarai membuat masyarakat cenderung lebih mengeluh mengenai dokter mereka.

Sebagaimana diungkapkan sebuah tim dari Universitas Plymouth, Inggris, dalam laporan itu, pasien kini memiliki informasi lebih baik tentang kesehatan mereka akibat berkembangnya teknologi internet.

Namun, seiring dengan itu pasien juga memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap dokter dan cenderung memperlakukan para dokter secara kurang hormat jika dibandingkan masa lampau.

Media sosial pun memiliki peran dalam meningkatnya aduan terhadap dokter. Karena dengan media sosial orang didorong untuk mendiskusikan pengalaman mereka dengan para profesi medis dalam forum publik dan memungkinkan informasi diakses dan dibagi dengan mudah.

Akan tetapi, lepas dari peningkatan jumlah pengaduan, Dewan Medis Umum Inggris mengatakan tidak ada bukti bahwa standar profesi dokter menurun. [ikh]

Komentar

x