Jumat, 25 Juli 2014 | 23:01 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tempat Terdingin di Dunia: -93,2 Derajat Celcius!
Headline
(ist)
Oleh: ikhsan nathabradja
Teknologi - Rabu, 11 Desember 2013 | 19:31 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, London - Tempat terdingin di dunia berhasil diukur oleh satelit. Terletak di jantung Antartika, tempat ini tercatat memiliki suhu minus 93,2 derajat Celsius.

Para peneliti mengatakan ini adalah angka sementara dan saat mereka berhasil memperbaiki data dari berbagai sensor thermal ruang, kemungkinan mereka akan menemukanangka yang mungkin jauh lebih dingin.

Sejauh ini, rekor suhu terendah yang pernah tercatat adalah minus 89,2 derajat Celcius juga berada di wilayah Antartika.

"Ini adalah suhu yang sangat rendah dan sulit untuk dibayangkan," kata Dr Ted Scambos dari pusat data salju dan es AS di Boulder, Colorado.

Menurutnya, tempat ini 50 derajat lebih dingin daripada suhu di Alaska atau Siberia, dan sekitar 30 derajat lebih dingin dari puncak Greenland.

"Hal ini membuat cuaca dingin di Klik beberapa tempat di Amerika Utara sekarang tampak sangat jinak," katanya kepada BBC News.

Dr Scambos dan para peneliti lainnya telah memeriksa catatan data dari satelit yang mengorbit di kutub selama 30 tahun.

Mereka mendapati saat-saat paling dingin di Antartika terjadi pada musim dingin yang gelap pada titik tinggi, ketika udara sangat kering sehingga memungkinkan panas terpancar sangat efisien keluar ke angkasa.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER