Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 29 Juni 2016 | 03:25 WIB
Hide Ads

Aplikasi Senter di Android Curi Informasi Pengguna

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Jumat, 6 Desember 2013 | 20:02 WIB
Aplikasi Senter di Android Curi Informasi Pengguna
(theguardian.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Washington - Aplikasi senter atau penerang cahaya yang populer di Android diam-diam mengirimkan data lokasi Anda berikut ID dari perangkat ke pihak ketiga.

Pengembang aplikasi bernama Brightest Flashlight Free yang tercatat telah diunduh hingga 50 juta kali itu mengakui penyalahgunaan data pengguna ke Federal Trade Commission (FTC).

Kebijakan privasi di aplikasinya mengatakan, informasi apapun dari pengguna yang dikumpulkan akan digunakan oleh perusahaan. Tetapi, informasi pengguna tersebut ternyata dikirimkan juga ke pihak ketiga, dalam hal ini pihak pengiklan.

Ini mengartikan, pengiklan bisa melacak identitas dan lokasi pengguna untuk melihat iklan apa saja yang pernah mereka lihat, bahkan mengidentifikasi pengguna melalui informasi terkait.

TheGuardian melansir, dalam penyelesaian kasusnya dengan FTC, aplikasi ini bakal mengubah kebijakan privasinya yang tidak akan lagi menipu pengguna.

Sejak dirilis pada Februari 2011, aplikasi yang sebenarnya bermanfaat ini telah diunduh hingga lebih dari 50 juta kali dengan reputasi baik, empat hingga lima bintang.

Andakah salah satu penggunanya? [ikh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget