Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 04:07 WIB

Battle of Surabaya, Film Animasi 2D Asli Indonesia

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Minggu, 18 Agustus 2013 | 19:20 WIB

Berita Terkait

Battle of Surabaya, Film Animasi 2D Asli Indonesia
ist

INILAH.COM, Jakarta - Dunia film animasi Indonesia kembali panas dengan bakal hadirnya film layar lebar animasi dua dimensi pertama besutan animator asli Indonesia, Battle of Surabaya.

Film animasi garapan MSV Pictures ini mengadaptasikan cerita tentang sejarah pertempuran antara Indonesia dan pasukan Belanda di Surabaya pada 10 November 1945, yang kini dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Menurut deskripsi film di laman Facebook, cerita dibuka dengan visualisasi dahsyat pemboman kota Hiroshima di Jepang oleh sekutu yang menandakan menyerahnya Jepang pada saat itu.

Langit Surabaya kemudian kembali memerah dengan peristiwa Insiden Bendera dan kedatangan sekutu yang ditumpangi Belanda. Kemudian muncul lagi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken.

Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia untuk bangkit melawan penjajahan.

Tokoh utamanya, Musa, dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo.

Berbagai peristiwa dilalui Musa sebagai kurir, dari kehilangan harta hingga orang-orang yang dikasihi sebagai konsekuensi dari pekerjaannya yang mulia.

Selain tokoh nyata, film yang disutradarai Aryanto Yuniawan ini juga mengangkat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan di film tersebut.

Meskipun belum diluncurkan, video teaser Film Battle of Surabaya telah mendapatkan sejumlah penghargaan nasional.

Beberapa diantaranya adalah 'Winner INAICTA 2012 kategori Film Animasi oleh Kementerian Kominfo RI', '1st Winner INDIGO FELLOWSHIP 2012 oleh Telkom Indonesia', dan 'Nominasi Terunggul kategori Film Animasi ajang Apresiasi Film Indonesia (AFI) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI'.

Menyampaikan pesan perang tentang semangat, cinta tanah air, dan perdamaian, film ini dijadwalkan mulai tayang pada 2014. [mor]

Komentar

Embed Widget
x