Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 31 Januari 2015 | 01:28 WIB
Hide Ads

Google Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68

Oleh : Ikhsan nathabradja | Sabtu, 17 Agustus 2013 | 04:05 WIB
Google Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68
(google.com)

INILAH.COM, Jakarta - Tepat hari ini, 17 Agustus 2013, Google mengganti logonya yang biasa disebut Google Doodle dengan nuansa kemerdekaan Indonesia. Ya, raksasa internet asal AS itu turut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68.

Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini, Google Doodle tampil dengan nuansa Merah Putih dengan lambang Garuda Pancasila yang disematkan pada bagian tengah sebagai pengganti huruf O. Ini adalah tahun kelima bagi Google merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

17 Agustus 1945, atau tepat 68 tahun yang lalu, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh dua founding father negeri ini, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta. Tanggal ini kemudian dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia tiap tahun.

Sejarah mencatat, penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan Soekarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo di rumah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta.

Penyusunan teks Proklamasi tersebut turut disaksikan oleh Sukarni, BM Diah, Sudiro, dan Sayuti Melik Sukarni mengusulkan agar yang menandatangi teks Proklamasi itu adalah Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin naskah tersebut dengan menggunakan mesin ketik.

Pada awalnya pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dilakukan di Lapangan Ikada (sekarang kawasan Monas). Namun karena alasan keamanan, maka pembacaan teks Proklamasi dipindahkan ke kediaman Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur No 56 (sekarang Jalan Proklamasi No 1) pada 17 Agustus 1945 sekitar pukul 10 pagi.

Saat ini, setiap 17 Agustus, selalu dilakukan upacara penaikan bendera pada pagi hari dan penurunan Sang Saka Merah Putih pada sore harinya di Istana Negara.

Sementara di masyarakat, perayaan selalu diwarnai dengan sejumlah lomba seperti panjat pinang, makan kerupuk dan lomba balap karung. [mor]

46 Komentar

Image Komentar
BEN - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 23:15 WIB
Iya tuh..koreksi burung garuda nya donk..sbg lambang negara dan apresiasi thdp kemerdekaan indonesia, mohon menggunakan lambang burung garuda yang sebenarnya..sayap, ekor, buku kaki dan leher ada makna nya semua brader and sister,, itu mah seperti burung phoenix..mank nya harry potter and the order of the phoenix..hehe dgn burung garuda asli kan seluruh dunia akan tahu seperti apa lambang negara indonesia. promosi untuk indonesia. merdeka!!!!
Image Komentar
K38 - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 23:09 WIB
Google pinter, kalau pakai garuda pancasila nanti ada yg teriak2 perlu ijin dll (inget kaos armani dg lambang garuda pancasila tapi di samarin/abu2), mungkin ada pengacara yg bakal nuntut (inget lambang garuda di kaos timnas). kalau gambar doodle ini kan gak nyebut ttg indonesia atau garuda pancasila. aman.
Image Komentar
ROBERTO - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 21:10 WIB
Saya suka dengan google hari kemerdekaan ini..?
Image Komentar
ISA - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 18:37 WIB
Sepertinya lambang garudanya ada yang kurang tepat. sayapnya kanan kiri ada 18 yang bawah ada 6 saja. mohon koreksi. ~ merdeka ~
Image Komentar
JANUAR.BAGON@GMAIL.COM - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 16:59 WIB
Indonesiku yg tercinta yang bangsku bangkitlah indonesiaku lo

Kirim Komentar

48219

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.