Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:17 WIB
Hightlight News

Siap Hadir di Indonesia

Vespa 946, Perpaduan Desain Klasik & Futuristik

Oleh : Ikhsan nathabradja | Senin, 1 Juli 2013 | 00:02 WIB

Paduan desain klasik dan modern

Vespa 946, Perpaduan Desain Klasik & Futuristik
vespa.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menggabungkan desain klasik dengan konsep futuristik menjadi acuan Piaggio dalam membesut produk  flagship  anyarnya yang diberi nama Vespa 946.

Vespa 946 hadir pertama kali sebagai model konsep Quarantasei di ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) alias Milan Motor Show 2011.

Quarantasei  merupakan bahasa Italia untuk angka 46, yang merepresentasikan tahun saat Vespa pertama kali membesut skuter legendaris MP6 pada tahun 1946. Ya, Vespa 946 memang dianggap merupakan hasil reinkarnasi dari sang legenda yang mengagungkan nilai-nilai klasik, Vespa MP6.

Satu tahun setelah konsep Quarantasei hadir, Vespa 946 akhirnya dilahirkan dalam vesi produksi di Milan Motor Show 2012.

Dari tampang tidak jauh berbeda dengan konsep awal. Hanya ada penambahan kaca spion dan lampu sein baru. Pipa gas buang ditutup pelindung panas berlapis krom.

Paling menarik adalah jok futuristiknya yang disebut  hanging seat.  Hanya bagian depan yang menempel pada bodi, sedangkan bagian tengah hingga belakang dibiarkan 'melayang'.

Vespa 946 tetap menerapkan elemen desain khas Vespa yang dikombinasikan dengan berbagai elemen futuristis, mulai dari cat metalik hingga garis body yang mengalir.

Sekujur tubuhnya didominasi bahan aluminium. Sebuah terobosan baru Vespa yang biasanya bersikeras menggunakan material besi untuk mempertahankan tradisi. Pertimbangan untuk mengurangi bobot kendaraan dirasa sudah saatnya dilakukan untuk mengikuti tren masa kini.

Tidak hanya itu, segudang teknologi tercanggih juga diterapkan di sini termasuk mesin baru  single cylinder 3-valve.  Lumbung pacu  fuel-injected  berpendingin udara juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dengan emisi gas buang dan suara yang rendah.

Tenaganya mengandalkan mesin 125cc dan 150cc berpendingin udara. Versi 125cc disebut sanggup menggelontorkan daya sebesar 11,7 hp pada 8.250 rpm dengan torsi mencapai 10,3 Nm. Sementara model bermesin 150cc bertenaga puncak 13 hp pada 8.000 rpm dengan torsi 12,6 Nm.

Sebagai skuter modern, Piaggio juga sudah menambahkan sistem pengereman  Anti-lock Braking System  (ABS) dan  Anti Slip Regulation  (ASR) pada Vespa 946.

Kabarnya, PT Piaggio Indonesia selaku pemegang merek Vespa di Indonesia, bakal memasukkan Vespa 946 ini ke Tanah Air pada September 2013.

Kehadiran Vespa 946 di Indonesia yang semakin dekat ini diketahui dari adanya data TPT  online  Kementrian Perindustrian, dimana Piaggio Indonesia beberapa waktu lalu telah mendaftarkan Vespa 946 versi 125cc.

Namun hingga kini belum diketahui berapa bandrol harga Vespa 946 saat dirilis di Indonesia nanti. Sekedar informasi, versi 125cc dari skuter  flagship  ini di Inggris dijual dengan harga 7.800 Poundsterling atau sekitar Rp118 juta. Dan pastinya harga jual di Tanah Air akan lebih mahal. [mor]
 

1 2 3 4 5 6 7

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget
x