Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 Februari 2017 | 09:39 WIB
Hide Ads

Konferensi ID Byte 2013 Resmi Digelar di Jakarta

Oleh : Ahmad taufiqqurakhman | Rabu, 12 Juni 2013 | 07:15 WIB
Konferensi ID Byte 2013 Resmi Digelar di Jakarta
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pameran dan konferensi digital ID Byte 2013 resmi dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Jakarta, Selasa (11/6).

IDByte 2013 yang diselenggarakan oleh perusahaan jasa digital Bubu Kreasi Perdana, berlangsung selama tiga hari, 11-13 Juni 2013, di pusat kebudayaan AS @America dan Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Tema yang diusung adalah 'Membangun Perusahaan Kelas Dunia'.

Dalam kata sambutannya, Mari Elka mengatakan industri digital turut menyumbang pertumbuhan ekonomi rakyat dan harus didukung oleh pemerintah.

"Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan, termasuk sketor swasta untuk membuka seluas-luasnya potensi di masyarakat, dan ajang seperti IDByte adalah salah satunya," ujar Mari Elka, saat membuka ID Byte 2013.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan publikasi terkait acara-acara yang berhubungan dengan industri kreatif di dunia teknologi informasi serta memiliki program yang mempertemukan antara calon pelaku bisnis, investor, dan mereka yang sukses untuk berbagi cerita.

Pemerintah Indonesia mengestimasi nilai ekonomis industri kreatif berbasis digital di Indonesia mencapai Rp3,9 triliun, dengan pertumbuhan sekitar 9% per tahun.

Menurut Mari Elka, nilai pertumbuhan itu terbilang kecil dan masih punya potensi untuk tumbuh, mengingat pasar Indonesia yang besar.

Lebih lanjut, ID Byte 2013 akan menghadirkan sekitar 37 pembicara yang aktif di industri digital. Beberapa di antara mereka didatangkan dari beberapa perusahaan terkenal, seperti Mark Kircshner (Rakuten), Dave McClure (500 Startups), Dan Neary (Facebook), Troy Malone (Evernote), dan Sandiaga Uno (Indonesia Setara).

Founder dan Chairman PT Bubu Kreasi Perdana Shinta W Dhanuwardoyo berharap ID Byte bisa menjadi penghubung bagi para pelaku start-up.

"Acara ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang memperluas jaringan, unjuk teknologi dan inovasi teknologi sehingga memudahkan konektivitas masyarakat dunia," tutur Shinta.

Pencarian startup digital terbaik

Pada malam puncak IDByte 2013, Kamis besok (13/6), sebanyak 12 perusahaan rintisan digital atau biasa disebut startup, akan menampilkan keandalan produk atau jasanya di hadapan juri dan investor. Para startup itu berasal dari Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta, yang telah diseleksi melalui program Startup Hunt pada April dan Mei lalu.

Nantinya, akan dipilih tiga startup terbaik yang berksempatan memenangkan uang tunai dari Indonesia Setara sebesar Rp25 juta atau kesempatan mendapat investasi mencapai US$50 ribu dari pemodal perorangan Dave McClure, yang mendirikan perusahaan inkubasi bisnis internet 500 Startups.

Tiga startup terbaik itu kemudian akan mengikuti perjalanan 'Geeks on a Plane' ke Timur Tengah dan menghadiri sesi mentoring bersama pengusaha Sandiago Uno. [ikh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x