Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 10:56 WIB
Hide Ads

Mengenal Kei Car, Mobil Mungil Laris Manis Jepang

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Selasa, 11 Juni 2013 | 10:54 WIB
Mengenal Kei Car, Mobil Mungil Laris Manis Jepang
roadandtrack.com

INILAH.COM, Jakarta - Mobil super mungil ini justru meledak di Jepang dengan mendominasi hampir setengah penjualan mobil secara keseluruhan di negeri matahari terbit itu. Seperti apakah mobil ini dan apa kelebihannya?

Awalnya sejumlah pabrikan mobil Jepang menawarkan konsumen dengan sejumlah mobil murahnya, tetapi semakin penuhnya jalan di Jepang membuat tujuan mereka bergeser menjadi mobil-mobil dengan fisik dan kapasitas mesin yang kecil.

Kei Car (K-Car) atau Keijidosha dalam bahasa Jepang, adalah mobil dengan dimensi panjang tidak lebih dari 3,5 meter, tidak lebih luas dari 1,5 meter dan tidak lebih tinggi dari dua meter. Kapasitas mesinnya terbatas tidak lebih dari 660 cc dengan tenaga maksimum hanya sekitar 63 tenaga kuda.

Industri mobil di Jepang tumbuh dengan memprioritaskan Kei Car. Kei Car banyak muncul dalam beberapa model, dari mulai kendaraan penumpang, mobil van, pikap hingga mobil sport.

Beberapa Kei Car semacam Nissan DAYZ atau Mitsubishi EK Wagon memiliki desain kotak. Tetapi tidak semuanya seperti itu, ada juga Kei Car lain seperti Honda N-One yang memiliki desain retro.

Konsep Kei Car adalah memaksimalkan dimensi kecil mobil dengan memastikan interiornya tetap nyaman dan dapat dimaksimalkan sebaik mungkin.

Bahkan Anda akan terkejut melihat interiornya yang tidak sesempit perkiraan Anda ketika melihatnya dari luar. Bayangkan betapa rumitnya para insinyur mobil di Jepang merancang mobil ini.

Kei Car memang khusus untuk pasar di Jepang. Namun beberapa pabrikan seperti Mitsubishi mulai berpikir menghadirkan Kei Car di pasar lainnya. Mitsubishi i-MiEv adalah salah satu contoh mobil kecil yang didasarkan dari Kei Car.

Kei Car juga pernah 'menjajah' AS, yang pada 1960-an sekitar 10.000 unit Subaru 360s muncul di sana, meskipun diberikan kapasitas mesin yang lebih besar. Honda menyusul dengan Honda N600 pada 1970-an yang kemudian digantikan dengan Honda Civic yang lebih besar dan melegenda.

Kei Car di Jepang saat ini sangat modern dan berteknologi tinggi, menghapus imej 'mobil hadiah kotak sereal' yang muncul pada versi-versi lawas Kei Car.

Bahkan Kei Car banyak digunakan modifikator Jepang untuk menumpahkan kreatifitas mereka. Kei Car juga cukup favorit untuk dimodifikasi di Jepang dan bahkan memiliki seri balap khusus.

Dengan segala konsep dan kelebihannya, Kei Car pasti sangat cocok jika juga digunakan di negara dengan penduduk banyak dan transportasi sangat padat, seperti Indonesia.

Bagaimanapun hingga saat ini Kei Car memang masih terbatas untuk pasar lokal di Jepang meskipun pabrikan Eropa dan AS telah menggunakan konsep Kei Car pada mobil-mobil besutannya, seperti misalnya Mercedes lewat Smart ForTwo. [ikh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with