Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Mei 2015 | 14:02 WIB
Hide Ads

BMKG: Gerhana Matahari Cincin 9-10 Mei 2013

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Minggu, 5 Mei 2013 | 09:08 WIB

Berita Terkait

BMKG: Gerhana Matahari Cincin 9-10 Mei 2013
(istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Gerhana Matahari Cincin (GMC) diperkirakan akan terjadi pada 9-10 Mei 2013, demikian keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara), dan Filipina bagian Selatan.

Wilayah Australia dan Samudera Pasifik akan mengalami Gerhana Matahari Cincin. Sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.



BMKG juga menjelaskan, untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut. Hal itu tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan Bumi dan posisi Bulan dan Matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Di Indonesia, gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lainnya beruntung bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.

Puncak gerhana juga bisa di Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, dan Makassar.

Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, Bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Pada 2013 ini, BMKG telah diprediksikan terjadi lima kali gerhana, yaitu dua kali Gerhana Matahari dan tiga kali Gerhana Bulan.

Gerhana Matahari tersebut adalah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 9-10 Mei 2013 dan Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 3 November 2013.

Adapun Gerhana Bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi pada 25 April 2013, Gerhana Bulan Panumbra 25 Mei 2013 dan Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada 18-19 Oktober 2013. [mor]



6 Komentar

Image Komentar
DEDI BELEN - Selasa, 7 Mei 2013 | 14:01 WIB
Sip infonya
Image Komentar
MUH. ADIB - Selasa, 7 Mei 2013 | 04:51 WIB
Tanda kekuasaan allah yang maha agung lagi maha kuasa. subhanallah.
Image Komentar
ANTO - Selasa, 7 Mei 2013 | 04:36 WIB
Thank gan atas infonya http://duniakuteknologi.blogspot.com
Image Komentar
FAKHRURAZI RENO SUTAN - Senin, 6 Mei 2013 | 19:10 WIB
Gerhana matahari dan bulan adalah tanda-tanda kekuasaan allah swt, oleh sebab itu kita di sunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana. shalat dua rakaat dan kemudian dilanjutkan khutbah . cara shalatnya adalah niat dalam hati, takbiratul ihram, baca doa iftitah, alfatihah, ayat alquran, ruku', berdiri lagi, alfatihah, ayat al quran, ruku', i'tidal, sujud, duduk antara dua sujud, sujud. kemudia berdiri untuk rakaat kedua dan lakan seperti rakaat pertama, kemudia duduk at tahhiyat, salam.
Image Komentar
MOH. ALWIE - Senin, 6 Mei 2013 | 08:21 WIB
Subhanallah, baru kali ini aku tahu ada gerhana limakalisetahun, tidak adalain melainkan benar-benar ditunjukkan kekuasaanya kepada kita, tidakkah semakin yakin akan kekuasaan allah, atau justru engau semakin sombong keadanya.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.