Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 01:58 WIB

11 Tips dan Trik Cegah Tindak Pencurian Pada Motor

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Sabtu, 27 April 2013 | 13:07 WIB
11 Tips dan Trik Cegah Tindak Pencurian Pada Motor
(inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Banyak hal yang bisa dilakukan demi mengamankan sepeda motor Anda dari tindak pencurian yang semakin marak terjadi di mana-mana.

Langsung saja simak 11 tips dan trik berikut:

1. Jangan lupa kunci stang kendaraan Anda, beberapa kasus pencurian biasanya terjadi karena pemilik sedang terburu-buru lupa mengunci stang yang sering terjadi pada tipe sepeda motor selain bebek.

2. Kunci suspensi atau sokbreker depan, atau cakram rem dengan gembok yang cukup besar, dan beri warna cerah di gemboknya agar terlihat oleh Anda sehingga tidak lupa membukanya ketika sepeda motor hendak digunakan.

3. Jika habis bepergian dengan pengendara lain, bisa dicoba trik menggunakan gembok yang ditambahkan rantai, lalu mengunci dua roda depan dari kedua sepeda motor dalam satu kunci.

4. Jika motor Anda hanya sendirian dalam suatu tempat, bisa dicoba trik menggunakan gembok yang ditambahkan rantai, lalu kunci dengan menyangkutkan rantainya dengan objek kokoh yang ada di sekitar roda depan sepeda motor Anda, seperti tiang dan lainnya.

5. Fitur penggunaan alarm di sepeda motor juga bisa dicoba, apalagi kini harganya sudah kian terjangkau.

6. Jika tempat Anda memakirkan motor memiliki CCTV, usahakan parkirkan sepeda motor di area yang terpantau CCTV, sehingga pencuri pun akan berpikir dua kali ketika hendak mencuri sepeda motor Anda.

7. Jika sedang melakukan kegiatan yang tidak terlalu sibuk, usahakan terus awasi sepeda motor Anda secara berkala, terutama ketika diparkir di tempat yang sepi.

8. Jika diparkir di garasi rumah, pastikan menyimpan motor Anda di area yang sedikit tertutup, bisa dibelakang mobil Anda, atau ditutupi dengan perabotan, kursi dan sebagainya dan pastikan kunci pintu garasi Anda.

9. Beri tanda-tanda unik di bodi atau bagian motor lainnya dengan stiker atau lainnya, dan kemudian abadikan motor Anda dalam foto. Ini akan sangat bermanfaat bagi para penegak hukum ketika melakukan pencarian kehilangan dengan ciri-ciri yang spesifik di motor.

10. Buat sepeda motor Anda sulit untuk dijual kembali jika terjadi pencurian. Misalnya dengan mengakali dan menandai atau memberi identitas beberapa bagian motor yang tidak terlihat, terutama di bagian yang sering dipreteli untuk dijual kembali.

11. Jaga semua surat-surat kendaraan, termasuk BPKB, STNK, asuransi dan lainnya yang akan dibutuhkan jika suatu saat ada masalah pada motor Anda. [ikh]

 
Embed Widget

x