Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Januari 2015 | 21:24 WIB
Hide Ads

Pabrik Baru Daihatsu Siap Produksi Ayla dan Agya

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Senin, 22 April 2013 | 13:46 WIB
Pabrik Baru Daihatsu Siap Produksi Ayla dan Agya
Astra Daihatsu Ayla - (inilah.com/Ikhsan Nathabradja)

INILAH.COM, Karawang - Mobil murah ramah lingkungan (low cost green car - LCGC) Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya bakal diproduksi di pabrik baru Daihatsu Assembly Plant di Karawang Timur, Jawa Barat.

Pabrik kelima Daihatsu yang baru saja diresmikan oleh Wakil Presiden RI Boediono pagi tadi disebutkan siap memproduksi dua mobil LCGC milik Astra yakni Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya

"Kami sudah siap melakukan produksi Ayla maupun Agya ketika nanti peraturannya diluncurkan pemerintah. Kini tengah difokuskan untuk training secara berkala untuk persiapan produksi," ujar Pongky Prabowo, Manufacturing & Production Control Director ADM, di Karawang, Jawa Barat, Senin (22/4).

"Untuk Ayla, kapasitas produksinya nanti 3.000 unit per bulan," imbuhnya.

Pabrik yang berdiri diatas lahan seluas 94 hektar ini disiapkan untuk dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor dari produk ADM, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

"Tidak ada alasan Daihatsu tidak menaruh investasinya di Indonesia, selain pasar yang besar, Indonesia juga memiliki SDM yang mumpuni," tutur Wapres Boediono saat meresmikan pabrik baru ini.

Selain Ayla dan Agya, pabrik kelima Daihatsu ini juga disiapkan untuk memproduksi Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

"Kapasitas produksi di pabrik ini per bulannya 4.000 unit mencakup Xenia dan Avanza. Ketika nanti Ayla dan Agya sudah bisa diproduksi, Kapasitasnya akan meningkat menjadi 10 ribu unit per bulan," sebut Pongky.

"Saat ini kami tidak ada inden lagi karena telah mampu memenuhi semua permintaan," tambahnya.

Pabrik yang berdiri diatas lahan seluas 94 hektar ini disiapkan untuk dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor dari produk ADM, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

Dengan 1700 karyawan baru dan dibangun dengan investasi mencapai Rp2,1 triliun, pabrik ini turut membantu Daihatsu menjadi pabrikan kendaraan bermotor terbesar di Indonesia.

Selain di Indonesia, Daihatsu juga mengekspor 16% produksi mobilnya ke 65 negara termasuk Jepang, yang berarti produksinya telah setara kualitas dunia. [ikh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.