Sabtu, 20 September 2014 | 18:56 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Wapres Boediono Resmikan Pabrik Baru Daihatsu
Headline
(inilah.com/Wahyu Perdana)
Oleh: Wahyu Perdana Putera
Teknologi - Senin, 22 April 2013 | 11:18 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Karawang - Wakil Presiden RI Boediono hari ini meresmikan pabrik perakitan kendaraan terpadu PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Timur, Jawa Barat.

Pabrik baru Karawang Assembly Plant ini memiliki luas hingga 7 hektar dan berdiri di atas lahan seluas 94 hektar. Fasilitas pabrik baru sangat terpadu dan mampu melakukan semua proses produksi kendaraan roda empat.

Proses produksi yang dapat dilakukan di pabrik ini yakni meliputi proses welding (pengelasan), painting (pengecatan) dan assembling (Perakitan). Selain itu pabrik ini juga memiliki mesin press berkecepatan tinggi.

Dalam proses produksi tersebut Daihatsu menerapkan konsep SSC (simple, slim, dan compact) pada fasilitas produksinya. Konsep ini sama persis seperti yang diterapkan pabrik Daihatsu di Kyushu, Jepang.

"Pembangunan pabrik baru ini menelan investasi lebih dari Rp2,1 triliiun," ujar Presiden Direktur ADM Sudirman Maman Rusdi di sela-sela acara peresmian pabrik baru tersebut, Senin (22/4).

"Secara bertahap kapasitas produksinya akan mencapai 120 ribu unit per tahun. Sementara secara keseluruhan kapasitas produksi Daihatsu akan bertambah dari 340 ribu unit pertahun menjadi 460 ribu unit," sambungnya.

Selain Wakil Presiden Boediono, acara peresmian pabrik berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta ini juga turut dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, serta Presdir Daihatsu Motor Company Jepang Koichi Ina.

Juga hadir beberapa menteri seperti Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, dan juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori.

Pabrik ini adalah pabrik kelima setelah pabrik Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Sunter Assembly Plant, dan Karawang Engine Plant.

Sejauh ini, pabrik baru Karawang Assembly Plant mempekerjakan 1.700 karyawan baru, dengan total keseluruhan karyawan dari ADM menjadi 10.790 karyawan. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER