Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 8 Juli 2015 | 13:29 WIB
Hide Ads

Selamat Ulang Tahun ke-40 Handphone!

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Rabu, 3 April 2013 | 17:11 WIB
Selamat Ulang Tahun ke-40 Handphone!
(Foto: pocket-lint)

INILAH.COM, Jakarta - Hari ini, 3 April 2013, handphone atau disebut juga mobile phone atau ponsel berulang tahun ke-40, semenjak pertama kali diperkenalkan tahun 1973.

Seperti dikutip dari Pocket-lint,pada 3 April 1973, Martin Cooper, peneliti di Motorola, telah berhasil melakukan panggilan melalui sebuah mobile phone dengan ukuran genggaman tangan kepada rekannya, Dr Joel S, Engel dari Bell Labs.

"Ketika saya pertama kali mencobanya, banyak warga New York yang melihat ke saya terheran-heran, ingat saat itu tahun 1973; ponsel belum ada," ujar Cooper.

"Saya melakukan beberapa panggilan, termasuk ketika nelpon seorang wartawan sambil menyebrang jalan. Mungkin itu merupakan salah satu hal yang paling membahayakan dalam hidup saya," tambah Cooper.

Saat itu Cooper menggunakan handphone Motorola DynaTAC yang beratnya lebih dari satu kologram.

Sepuluh tahun kemudian, 1983, Motorola DynaTAC 8000x hadir ke pasaran sebagai ponsel pertama yang dijual secara komersil. [ikh]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x