Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 08:59 WIB

Korsel Diserang Peretas, Korea Utara Dituduh

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Rabu, 20 Maret 2013 | 17:40 WIB
Korsel Diserang Peretas, Korea Utara Dituduh
thenextweb.com
facebook twitter

INILAH.COM, Seoul - Sejumlah bank dan radio penyiaran di Korea Selatan melaporkan bahwa jaringan dan layanan mereka dihentikan pada Rabu (20/3) sore ini karena pemerintah mengumumkan bahwa Korea Selatan terkena cyber attack.

Spekulasi awal menduga bahwa serangan tersebut mungkin datang dari negara tetangga yang merupakan seteru abadi dari Korea Selatan, yakni Korea Utara, yang pada pekan lalu juga dituduh oleh AS dan negara lainnya karena meretas sejumlah jaringan di negara mereka.

Sejumlah jaringan komputer dilaporkan lumpuh. Sama halnya dengan radio penyiaran KBS, MBC dan YTN, serta beberapa bank seperti Shinhan dan Nonghyup, yang dilaporkan telah mengkonfirmasi bahwa jaringannya padam, seperti diwartakan AFP yang dilansir TheNextWeb.

Reuters juga melaporkan bahwa operator selular LG Uplus juga mengalami layanan masalah akun yang tampaknya juga diretas. Yonhap News melaporkan bahwa Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye membuat tim untuk menyelidiki insiden tersebut.

Sejumlah kantor berita berspekulasi bahwa serangan ini melibatkan Korea Utara, walaupun semuanya masih perlu diverifikasi terlebih dahulu. Juru bicara kepresidenan menegaskan bahwa polisi dan badan-badan intelijen di Korea Selatan sudah berdiskusi dengan Presiden terkait serangan itu.

Associated Press menambahkan informasi dengan mengklaim bahwa komputer di KBS, YTN dan MBC ditutup sekitar pukul 2 siang waktu setempat, tetapi disebut siaran TV tidak terpengaruh.

Komputer di Shinhan Bank disebut telah terkena serangan ini juga pada sekitar pukul dua siang waktu setempat yang mempengaruhi sistem internal bank, online banking dan juga sistem ATM mereka. [ikh]

Komentar

 
Embed Widget

x