Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 Juli 2017 | 01:41 WIB

Planet Mars Ternyata Pernah Dihuni Makhluk Hidup

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Rabu, 13 Maret 2013 | 16:46 WIB
Planet Mars Ternyata Pernah Dihuni Makhluk Hidup
nasa.gov
facebook twitter

INILAH.COM, California -Kendaraan robotik penjelajah tanpa awak milik NASA, Curiosity, berhasil menemukan temuan penting yang membuktikan bahwa memang pernah ada kehidupan di Planet Mars. Benarkah?

Curiosity Rover telah menemukan sebuah kondisi yang dinyatakan bisa menopang hidup dari mikroba.

"Pertanyaan mendasar untuk misi ini adalah apakah Mars bisa didukung lingkungan yang dihuni. Dari apa yang kita ketahui sekarang ini, jawabannya adalah Ya," ujar Michael Meyer, ilmuwan pemimpin proyek eksplrorasi Mars ini.

Penemuan penting ini ditemukan Curiosity setelah menggali bubuk dari batu di sebuah benda yang terlihat seperti tempat tidur kuno yang terletak di sebuah kawah.

NASA percaya penemuan bubuk tersebut telah menunjukkan bahwa di masa lalu Mars dapat ditinggali oleh mikroba, karena bubuk itu berisi belerang, sulfur, nitrogen, hidrogen, oksigen, fosfor dan karbon, yang disebut NASA sebagai unsur-unsur kimia utama untuk adanya kehidupan.

Dengan temuan ini, Curiosity Rover telah berhasil menyelesaikan salah satu misi utamanya di Mars.

"Curiosity adalah sebuah misi untuk mencari temuan dan eksplorasi, dan sebagai sebuah tim kami merasa ada banyak penemuan-penemuan yang lebih menarik di depan kami, di bulan dan tahun yang akan datang," papar NASA dalam situs resminya.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya yang dilakukan NASA dari temuan menarik ini. [ikh]

 
Embed Widget

x