Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 30 Januari 2015 | 05:22 WIB
Hide Ads

Evasi0n Jailbreak Diblokir oleh Update iOS 6.1.3?

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Sabtu, 2 Maret 2013 | 09:25 WIB
Evasi0n Jailbreak Diblokir oleh Update iOS 6.1.3?
evasi0n.com

INILAH.COM, California - Melakukan jailbreak pada perangkat Apple dengan menggunakan Evasi0n menjadi populer selama sebulan terakhir ini. Namun beredar kabar bahwa pada iOS 6.1.3 Evasi0n tidak dapat lagi digunakan. Benarkah?

Ketika Evasi0n muncul di awal Februari langsung menjadi alat jailbreaking paling populer di dunia bagi para pengguna Apple. Data mencatat Evasi0n diunduh tujuh juta pengguna Apple dalam waktu empat hari sejak peluncurannya.

Menurut situs resminya, jailbreaking dengan Evasi0n hanya memerlukan waktu lima menit. Yang dibutuhkan hanyalah komputer, perangkat Apple dengan iOS dari 6.0 sampai 6.1.2 dan sebuah kabel USB.

Namun pekan lalu Apple merilis iOS 6.1.3 Beta 2 yang katanya dapat mencegah jailbreaking melalui Evasi0n.

Menurut David Wang, salah kreator dari Evasi0n, ia telah menganalisis iOS 6.1.3 Beta 2 dan menemukan bahwa setidaknya iOS terbaru tersebut telah memperbaiki salah satu dari lima bugs yang dieksploitasi oleh Evasi0n selama ini, yaitu sebuah celah di pengaturan zona waktu.

Wang menambahkan bahwa ia sedang menguji iOS baru tersebut dan melihat apakah masih ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk jailbreaking dengan Evasi0n.

"Jika salah satu celah tersebut tidak dapat dieksploitasi, Evasi0n juga tidak akan bekerja," tandasnya seperti dilansir Forbes.

"Mungkin kami bisa mengganti celah tersebut dengan celah lainnnya, tetapi Apple mungkin bakal memperbaiki beberapa atau bahkan semua celah yang dapat kami manfaatkan jika iOS 6.1.3 nanti dirilis secara penuh," tambah Wang.

Evasi0n sebelumnya sempat 'bebas' selama tiga minggu. Lambatnya respon Apple mengindikasikan rendahnya risiko keamanan yang dituimbulkan dari penggunaan evasi0n jika dibandingkan dengan alat jailbreaking lainnya seperti Jailbreakme yang memiliki kerentanan terhadap kerusakan perangkat.

Tetapi Wang menyatakan bahwa ia dan timnya tetap optimis. Ia menegaskan bahwa tim jailbreaker yang bernama evad3rs menemukan celah baru lainnya jika celah-celah yang dieksploitasi Evasi0n saat ini telah diperbaiki oleh Apple.

"Jika mereka memperbaiki sebagian besar celah yang kami eksploitasi, maka kami akan memulai semuanya dari awal lagi," ujarnya. [ikh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

53511

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.