Jumat, 1 Agustus 2014 | 12:44 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Harlem Shake, Tarian Kocak Kuasai YouTube
Headline
YouTube
Oleh: Ikhsan S. Nathabradja
Teknologi - Minggu, 17 Februari 2013 | 09:09 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Setelah demam Gangnam Style berlalu, kini ada demam baru yang melanda dunia yang juga awalnya hadir melalui YouTube, yakni Harlem Shake. S eperti apa?

Setelah video serta lagu populer berjudul Gangnam Style yang dibawakan oleh penyanyi Korea Selatan PSY kini ada lagi satu fenomena internet yang popularitasnya terus naik pada Februari 2013 ini yakni Harlem Shake.

Harlem Shake adalah tarian tanpa gerakan beraturan yang dilakukan banyak orang dengan diiringi musik dance berjudul Baauer besutan Harry Rodrigues, seorang produser asal Brooklyn, New York.

Seorang video bloger bernama Filthy Frank disebut-sebut sebagai orang pertama yang menampilkan video Harlem Shake ini di awal Februari 2013. Bahkan video itu kini sudah ditonton oleh lebih dari 7,7 juta pemirsa YouTube.

Tak sampai dua pekan, sejumlah video serupa merebak dengan cepat di internet, masing-masing dibumbui dengan kreativitas yang berbeda-beda dan tempat yang juga bervariasi, dari mulai kantor, hingga militer. Hampir semuanya mengundang gelak tawa, meski ada pula yang terlihat 'datar'.

Video Harlem Shake yang rata-rata memiliki durasi kurang dari 30 detik ini mengusung 'skenario' yang garis besarnya sama.

Satu orang mulai menari di tengah suasana yang sengaja dibuat normal dan terlihat tidak satu pun orang yang memperhatikan si penari tersebut. Namun belakangan, seisi ruangan mulai ikut nge-dance dengan gaya yang berbeda-beda. Bahkan mereka kerap memakai pakaian dan aksesoris 'unik'.

Hanya dalam waktu dua pekan saja, sudah lebih dari enam juta kali video bertemakan tarian tanpa aturan di YouTube ini ditonton. Tidak hanya itu saja, berbagai versi dan flashmob video tarian ini juga terus bermunculan setiap harinya.

Apabila dilihat dari gaya tariannya, Harlem Shake lebih bebas dibandingkan dengan Gangnam Style yang sudah mempunyai pola. Oleh karenanya, banyak orang yang bebas menari sesukanya.

Tarian Harlem Shake awalnya terinspirasi dari Eskista, sebuah dansa ala Ethiopia yang berkembang di daerah Harlem, New York, sekitar 1981. Dan sebenarnya Harlem Shake ini terpengaruh oleh beragam musik selama beberapa tahun perkembangannya.

Penasaran seperti apa goyangan dari tarian yang sedang booming ini? Saksikan video Harlem Shake di sini. Sedangkan untuk versi Indonesia dapat Anda saksikan di sini.[mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
azwa
Kamis, 28 Februari 2013 | 13:10 WIB
hehe harlem shake
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER