Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:30 WIB

Masa Depan Keamanan Internet Indonesia Cerah?

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Rabu, 30 Januari 2013 | 20:02 WIB
Masa Depan Keamanan Internet Indonesia Cerah?
ilustrasi - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Meski banyak situs pemerintahan yang diserang oleh para peretas, namun pengamat menyatakan bahwa masa depan keamanan internet Indonesia cerah.

Menurut Budi Raharjo, anggota Tim RUU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, pengguna internet di Indonesia saat ini diperkirakan baru mencapai 1,5 juta.

"Namun jumlah yang sedikit ini memiliki keuntungan dimana kita dapat mulai menata aturan dunia cyber Indonesia ini dengan baik," ungkap Budi dalam tulisannya yang berjudul Keamanan Internet Merupakan Tanggung Jawab Kita Bersamadi laman blog Keamanan Internet.

Budi mengatakan bahwa keamanan secara teknis harus disertai dengan social pressure."Pendidikan etika dan moral nampaknya harus kita aktifkan kembali, khususnya untuk dunia cyberspace," ujar Budi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kelompok peretas internasional Anonymous baru saja menyatakan 'perang' terhadap Pemerintah Indonesia menyusul ditangkapnya Wildan Yani Ashari oleh Tim Cyber Crime Maber Polri.

Wildan dituduh pihak kepolisian telah meretas situs resmi milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni www.presidensby.info.

Sampai Rabu pagi (30/1), sekitar tujuh situs pemerintah yang menggunakan domain go.id telah dilumpuhkan dan beberapa diantaranya telah di-deface atau diganti tampilan situsnya oleh kelompok peretas Anonymous. [ikh]

Komentar

 
x