Jumat, 31 Oktober 2014 | 21:51 WIB
Follow Us: Facebook twitter
10 Fakta Menarik Tentang Mobil Kepresidenan AS
Headline
Wikipedia
Oleh: Wahyu Perdana Putera
Teknologi - Rabu, 23 Januari 2013 | 07:45 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Barack Obama baru saja dilantik sebagai Presiden AS untuk periode kedua pada Minggu (20/1/2013). Dalam kegiatan sehari-hari, Obama selalu menggunakan mobil kepresidenan yang kerap disebut sebagai 'Cadillac One'.

Di balik kokohnya limousin hitam ini, ternyata tersimpan fakta menarik di dalamnya. Inilah 10 fakta menarik tentang mobil kepresidenan AS yang dijuluki ' The Beast' tersebut.

1. Tidak Terlihat Seperti Mobil Mewah Khas Cadillac

Berbeda dengan mobil kepresidenan sebelumnya, The Beast memiliki cukup banyak kesamaan dengan mobil produksi standar. Sasis, mesin diesel, dan transmisinya sama seperti yang digunakan truk komersil Chevrolet Kodiak. Hanya beberapa bagian lain yang bernuansa Cadillac yaitu lampu depan dari Cadillac Escalade dan lampu belakang dari Cadillac STS.

2. Menggunakan Mesin Diesel

Mobil ini menggunakan mesin Duramax Diesel 6.500 cc. Mengapa diesel? Selain karena daya tahannya, mesin diesel juga memiliki volatilitas rendah sehingga mengurangi risiko meledak.

Bahan bakar diesel pun dapat dengan mudah diperoleh di setiap negara yang Obama kunjungi. Karena mobil ini selalu dibawa oleh Gedung Putih kemana pun Obama berkunjung.

3. Kecepatannya Lambat

Dengan bobot hampir 10 ton, The Beast memiliki gerak sangat lambat. Akselerasi untuk mencapai kecepatan maksimumnya pada 96 km/jam membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Rasio bahan bakarnya cukup boros, yakni satu galon untuk jarak 8 mil .

4. Supirnya Sangat Terlatih

Meskipun The Beast diklaim cukup lambat untuk mobil kepresidenan, namun pengemudinya sangat terlatih seperti pengendara mobil sport yang memungkinkan untuk mengendalikan mobil dengan bermacam cara dan teknik. Sang supir dipilih lewat serangkaian tes khusus dan juga masukan dari para teknisi General Motors, sang produsen.

5. Memiliki Pesawat Pengangkut Sendiri

The Secret Service, Dinas Rahasia AS menggunakan pesawat pengangkut Globemaster C-17 untuk mengangkut The Beast, beberapa limousin lain dan kendaraan komunikasi berlapis baja Chevrolet Suburban setiap saat ketika Presiden bepergian.

6. Kendaraan Lapis Baja Terbaik di Dunia

Mungkin tidak ada kendaraan berlapis baja terbaik selain limousin ini. The Beast menggunakan delapan lapis pelat baja setebal 8 inci dan berat pintunya sama dengan pintu pesawat Boeing 757.

Jendela antipeluru memiliki ketebalan lima inci dan lima lapisan untuk meredam ancaman senjata. The Beast juga menggunakan ban Goodyear dengan ukuran seperti ban sebuah bus dan antibocor.

Interiornya diklaim dapat menahan serangan kimia. Sementara sebuah busa khusus membungkus tangki bahan bakarnya untuk mengantisipasi kebocoran.

7. Penuh Peralatan Khusus

Di bagian dalam The Beast terintegrasi berbagai peralatan khusus seperti pemadam kebakaran, tangki oksigen, tabung gas air mata, senapan, peluncur granat. The Secret Service pasti telah belajar banyak dari penembakan Presiden John F Kennedy langsung di mobil kepresidenannya.

8. Cukup untuk Tujuh Penumpang.

The Beast memiliki tiga penumpang utama yaitu supir, satu agen pelindung rahasia di kursi penumpang depan dan juga Presiden Obama. Empat kursi tambahan di bagian belakang digunakan untuk tempat presiden dan para tamunya, beserta meja lipat sebagai pemisah.

9. Bukan Satu-satunya Limousin Kepresidanan

Limousin lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama juga disiapkan untuk menerima pejabat asing dan tamu VIP ketika mereka berada di Washington DC.

Limousin lain juga digunakan ketika Obama tengah melakukan perjalanan yang dianggap riskan. Dengan dua limousin dalam satu rombongan, tentunya teroris pun akan bingung mobil mana yang sebenarnya ditumpangi presiden.

10. Menggunakan Plat Nomor Spesial

Tahun ini, dalam langkah yang dimotivasi secara politik, Presiden Obama memilih menggunakan plat nomor 800 002. Gedung Putih mengatakan bahwa keputusan tersebut menunjukkan penghargaan Obama terhadap masyarakat di Washington DC atas dukungan mereka untuk memperjuangkan hak suara, pemerintahan, dan anggaran otonomi. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER