Minggu, 26 Oktober 2014 | 14:37 WIB
Follow Us: Facebook twitter
NASA: Bumi Masih Tetap Aman dari Tabrakan Asteroid
Headline
space.com
Oleh: Wahyu Perdana Putera
Teknologi - Minggu, 13 Januari 2013 | 19:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Washington - Setelah pertama kali ditemukan pada 2004, para astronom NASA memperkirakan asteroid bernama Apophis memiliki 2,4% kesempatan menabrak Bumi ketika melayang di dekat Bumi pada 13 April 2029.

Jika asteroid sebesar 325 meter itu menabrak Bumi, ledakannya bisa mencapai ratusan megaton. Namun analisis lebih lanjut menunjukkan Apophis hanya melayang dengan jarak 31,300 kilometer dari bumi di 2029, seperti dilansir oleh Space.

Pendekatan yang lain menunjukan jaraknya pada 2036 akan lebih besar. Apophis saat ini diperkirakan hanya memiliki satu dalam sejuta kesempatan menarak Bumi .

Pada 15 Februari 2012, astronom menemukan asteroid baru yang bernama 2012 DA14. Para ilmuwan di NASA menghitung bahwa asteroid ini juga tidak akan menimbulkan ancaman apapun pada bumi. Asteroid ini diperkirakan berukuran 45 meter.

Sebuah asteroid yang mendekati Bumi erat disebut objek dekat Bumi atau Near Earth Object (NEO). Astronom melacak benda-benda ini dengan sangat hati-hati agar dapat memberikan peringatan dini jika suatu ketika salah satunya dapat bertabrakan dengan planet yang kita huni ini. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER