Sabtu, 20 Desember 2014 | 03:56 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Xeon RC, Skuter Jelmaan Pesawat Tempur
Headline
inilah.com
Oleh: Wahyu Perdana Putera
Teknologi - Rabu, 9 Januari 2013 | 21:21 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Yamaha merilis Xeon RC, motor canggih berteknologi tinggi dengan Fuel Injection dengan desain sporty dan stylish yang terinspirasi dari pesawat tempur F117-Nighthawk.

Yamaha memberi tagline ‘Keren, Cepat, Canggih’ untuk motor injeksi ketiganya tersebut setelah sebelumnya digunakan juga di Mio J dan Soul GT. Desain Xeon RC terinspirasi dari jet tempur F117-Nighthawk yang membuatnya lincah bermanuver layaknya pesawat canggih tersebut.

“RC mengartikan ‘Racing Champion’, yang mempertegas Xeon sebagai motor matik yang lekat dengan nuansa racing berteknologi canggih ala motor balap dengan DiASil Cylinder dan Forged Piston,” ujar Yoichiro Kojima, Presiden PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, di sela-sela peluncuran Xeon RC, Soul GT dan Jupiter MX di kantor pusat Yamaha Indonesia di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (9/1/2013)

“Dengan mesin 125cc yang telah disempurnakan dengan pendingin cairan dan penambahan YMJET-FI, tenaganya naik drastis menjadi 11,4 PS dan torsinya meningkat menjadi 10,4 Nm. Akselerasinya meningkat tajam namun bahan bakarnya lebih irit hingga 20%,” tambahnya.

Xeon RC menggunakan mesin dengan pembaharuan total yang berbeda dibanding versi Xeon sebelumnya. Xeon RC menggunakan low friction technology yang membuat mesinnya memiliki gesekan yang sangat rendah sehingga membuat mesin tidak cepat panas. Teknologi dari fuel pump terbarunya adalah kunci dari keiritan bahan bakarnya.

Desain warna bodi dan joknya menggunakan kombinasi warna two-tones sehingga semakin membuatnya tampak sporty dan juga berkelas yang dengan tambahan cover titanium di bagian knalpotnya dengan model knalpot yang diadopsi dari Yamaha T-Max yang semakin memperkuat kesan sporty dari Xeon RC.

Bagasinya yang lapang sehingga dapat dijejali helm full-face sekalipun. Xeon RC juga dilengkapi dengan fitur Key Shutter yang berfungsi untuk menyalakan motor, pengaman ganda dan pembuka bagasi sekaligus dalam satu bagian.

Pengeremannya dilengkapi fitur Smart Lock System yang akan membuat pengendara nyaman ketika berhenti di jalan yang menurun atau menanjak.

Yamaha mengklaim bahwa teknologi injeksinya akan sangat cocok dengan bensin biasa sekalipun, tidak perlu menggunakan bensin beroktan tinggi. Xeon RC sangat ramah lingkungan dan sudah disapkan untuk menghadapi Euro 3 pada tahun ini.

Menurut Yamaha, Xeon RC adalah skutik paling premium dari Yamaha dan merupakan motor tercepat di kelasnya. Harganya tidak akan jauh berbeda dengan kompetitor lain di kelasnya dengan keunggulan lebih berupa teknologi terbaru dari Yamaha.

Yamaha Xeon RC dibanderol lebih murah Rp1 juta dari generasi sebelumnya. Diketahui, harga On the Road Jakarta Yamaha Xeon Rp16,050 juta, sedangkan versi terbarunya (Xeon RC) Rp15,1 juta.

"Harga ini dirasa cukup kompetitif dan tidak terlalu mahal ketimbang kompetitor," kata Presiden Direktur Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti.

Yamaha menargetkan penjualan Xeon RC sebesar 5.000 unit per bulan, di mana versi sebelumnya hanya 3.000 unit per bulan. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER